Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 18:42 WIB | Kamis, 19 November 2015

Wagub DKI Jakarta Minta FKUB Lebih Berperan

Tim reporter satuharapan.com saat mewawancari khusus Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidaya tentang kondisi kota Jakarta menjelang ulang tahun ke-488. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat minta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk lebih berperan dalam mengantisipasi konflik dan membangun toleransi antarumat beragama.

Selain itu Djarot berharap, FKUB dapat membuat forum dialog dengan menghadirkan perwakilan kelompok agama yang berpaham radikal hingga minoritas.

Djarot berpendapat bahwa dialog dapat menjembatani perbedaan sehingga mencapai pemahaman bersama untuk menjaga kedamaian. Sebab, seperti yang sudah terjadi di wilayah konflik, lebih banyak kerugian dari manfaat yang dipetik masyarakat.

Menurut Djarot, saat mengunjungi Ambon, Ternate, Pontianak dan Lombok, pasca konflik seluruh masyarakat yang ditemuinya mengungkapkan penyesalan. Akibat konflik, perekonomian lumpuh dan kerugian yang diderita begitu banyak.

"Masyarakat sana mengaku betapa menyesal mereka mau diprovokasi. Betapa habis kejadian mereka semua menyesal, ini fakta," kata  Djarot, di Jakarta, hari Kamis (19/11).

Oleh karena itu, kata Djarot FKUB dapat menjembatani perbedaan antar kelompok yang selama ini berseberangan melalui forum dialog. Sebab, bila tidak diwadahi dalam sebuah dialog, perbedaan terutama menyangkut SARA dapat berujung konflik. Untuk menyukseskan dialog, Djarot pun bersedia hadir sebagai pembicara.

"Secara pribadi saya sadari, potensi konflik berdasar SARA masih cukup besar. Cuma bagaimana kita mengelola itu agar tidak terjadi konflik yang merugikan," kata dia.(beritajakarta.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home