Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:12 WIB | Selasa, 23 Februari 2016

Wagub DKI: Transgender Tetap Dapat Pelayanan Kesehatan

Ilustrasi. Seorang waria atau transgender bernama Inez merias diri di pesantren Al Fatah, Yogyakarta. (Foto: Huffingtonpost.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan transgender tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama dengan pasien laki-laki maupun perempuan.

“Untuk pelayanan kesehatan tidak boleh diskriminatif, (transgender) harus dilayani. Sesama warga negara, apa pun itu. Sedangkan untuk pelayanan-pelayanan khusus itu sudah kita bukakan,” kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, hari Selasa (23/2).

Djarot yang juga merangkap sebagai Ketua Harian Komisi Penanggulangan HIV/AIDS di Jakarta mengatakan  kalau mereka membutuhkan pelayanan khusus, Pemprov DKI melalui Puskesmas atau rumah sakit daerah akan melayani. Bahkan di beberapa rumah sakit juga menyediakan pelayanan khusus bagi mereka yang ingin diperiksa secara tertutup.

Tak hanya di rumah sakit saja tapi juga hampir semua Puskesmas melayani warga transgender dengan perlakuan yang sama tanpa ada diskriminasi.

“RSUD St. Carolus aktif banget untuk mereka-mereka yang terduga kena HIV. Kan HIV itu mudah diobati jangan sampai berkembang menjadi AIDS,” kata dia.

Apalagi, daerah dengan penderita HIV/AIDS tertinggi di Indonesia adalah Jakarta jadi tidak boleh ada diskriminasi.

“Kewajiban pemerintah adalah melindungi dan memberikan pelayanan yang sama,” kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home