Loading...
RELIGI
Penulis: Martahan Lumban Gaol 06:26 WIB | Senin, 01 September 2014

Waketu MPR: Agamawan Bantu Pemerintah Lawan NIIS

Wakil Ketua MPR RI, Melani Leimena Suharli. (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Melani Leimena Suharli mengatakan untuk melawan pengaruh Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS) di Indonesia bukan bukan hanya tanggungjawab pemerintah, melainkan juga tokoh agama.

“Sulit menumpas benih-benih terorisme di Indonesia jika hanya mengandalkan pemerintah karena masyarakat dan tokoh agama adalah ujung tombak dalam melawan terorisme di Indonesia,” kata Melani seperti dikutip dari Antara, Minggu (31/8)

"Kita harus mendukung setiap langkah pemerintah melawan berkembangnya benih-benih NIIS di Indonesia. Negeri kita yang beranekaragam suku, agama, ras dan kepercayaan harus kita lindungi," Melani menambahkan.

Misalnya, ia menilai tokoh agama Islam berperan sangat besar dalam melawan berkembangnya dukungan terhadap kelompok NIIS di Indonesia.

"Peran ustad sangat besar, baik di majelis-majelis taklim dan komunitas-komunitas lainnya untuk melawan perkembangan ISIS di Indonesia," kata Melani.

Selain itu, peran yang bisa dilakukan oleh tokoh agama dalam membantu pemerintah melawan NIIS adalah dengan memberi pemahaman kepada umatnya.

"Tokoh-tokoh agama itu harus memberi pemahaman kepada umatnya bahwa kita harus memiliki pandangan sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme," ujar Wakil Ketua MPR RI itu.

Melani juga menyampaikan tokoh-tokoh agama juga harus memberi pemahaman kepada umatnya tentang empat pilar kebangsaan yang sejak lama dihormati dan dijunjung tinggi bangsa Indonesia.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home