Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:46 WIB | Jumat, 30 Oktober 2015

Wakil Kanselir Siap Singkirkan Merkel di Pemilihan Kanselir Jerman

Wakil Kanselir Jerman Sigmar Gabriel. (Foto: migrantreport.org)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Wakil Kanselir Jerman Sigmar Gabriel menyatakan keinginannya untuk bertarung politik dalam pemilihan kepala pemerintahan Jerman pada 2017 mendatang, mengakhiri debat di Partai Demokrat Sosial (SPD) mengenai apakah dia akan mencoba untuk menggeser posisi Angela Merkel.

“Tentu saja saya ingin menjadi kanselir jika SPD memilih saya,” kata Gabriel yang merupakan ketua partai sekaligus menteri ekonomi Jerman kepada majalah mingguan Stern pada Kamis (29/10).

Namun, hingga saat ini, Merkel masih belum mau bicara perihal apakah dia akan kembali mencalonkan dirinya untuk masa jabatan keempat dalam pemilihan berikutnya.

Merkel masih mendapatkan dukungan besar di Jerman meskipun dia menghadapi reaksi keras atas keputusannya yang membuka pintu selebar-lebarnya bagi para pengungsi.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan dukungan bagi Merkel mencapai sekitar 36 persen, masih terpaut jauh dari angka 25 hingga 26 yang didapatkan SPD.

Namun, Gabriel optimis Merkel bisa dikalahkan dalam pemilihan umum berikutnya dan dia menyambut baik referendum partai untuk memilih calon kanselir.

SPD – yang berkuasa sebagai mitra junior dalam koalisi dengan Merkel sejak 2013 – akan menggelar kongres partai nasional pada pertengahan Desember. Dalam kongres tersebut, SPD akan memilih ketuanya, yang biasanya, juga akan maju dalam pemilihan umum berikutnya. (AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home