Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:34 WIB | Selasa, 22 Februari 2022

Wapres AS, Kamala Harris: Kemunginan Perang Makin Nyata

Wapres AS, Kamala Harris: Kemunginan Perang Makin Nyata
Wakil Presiden AS, Kamala Harris, menaiki pesawatnya di Bandara Internasional Munich di Munich, Minggu, 20 Februari 2022, untuk melakukan perjalanan kembali ke Washington setelah menghadiri Konferensi Keamanan Munich. (Foto: AP)
Wapres AS, Kamala Harris: Kemunginan Perang Makin Nyata
Seorang instruktur, kanan, menunjukkan granat selama pelatihan anggota kereta kelompok sayap kanan Ukraina, di Kyiv, Ukraina, Minggu, 20 Februari 2022. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)

MUNICH, SATUHARAPAN.COM-Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, mengakui "kemungkinan yang nyata perang," ketika dia mengakhiri akhir pekan penjangkauan ke sekutu Eropa. Dia men dorong untuk meningkatkan tekad Barat dalam menghadapi Moskow dengan sanksi melumpuhkan, di mana anda-tanda semakin mengerikan menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin berencana untuk memerintahkan invasi ke Ukraina.

Dalam kesibukan diplomasi di Konferensi Keamanan Munich, Harris mencoba menjelaskan kepada sekutu Amerika bahwa ketegangan yang meningkat dengan cepat di perbatasan Ukraina-Rusia berarti keamanan Eropa berada di bawah "ancaman langsung" dan harus ada dukungan terpadu untuk hukuman ekonomi jika Kremlin menyerang tetangganya.

“Kita berbicara tentang potensi perang di Eropa. Maksud saya, mari luangkan waktu sejenak untuk memahami pentingnya apa yang kita bicarakan," kata Harris kepada wartawan sebelum dia kembali ke Washington. Eropa, katanya, mungkin berada pada saat yang paling berbahaya sejak akhir Perang Dunia II.

"Sudah lebih dari 70 tahun, dan selama 70 tahun itu ... telah ada perdamaian dan keamanan. Kita berbicara tentang kemungkinan nyata perang di Eropa," katanya.

Presiden Joe Biden bertemu dengan tim keamanan nasionalnya pada hari Minggu di Washington untuk membahas perkembangan yang sedang berlangsung. Harris berencana untuk berpartisipasi saat terbang kembali dari Jerman. Sebelum meninggalkan Munich, Harris dan timnya memberi tahu mereka tentang pertemuan dan pertukarannya di konferensi.

Di Ukraina, penembakan meningkat di dalam dan sekitar wilayah yang dikuasai oleh pemberontak yang didukung Rusia, separatis mengevakuasi ribuan perempuan dan anak-anak dan Putin mengawasi uji coba rudal berkemampuan nuklir.

Putin telah mengumpulkan lebih dari 150.000 pasukan Rusia di perbatasan.

Selama serangkaian pertemuan, Harris mengatakan kepada para pemimpin global bahwa mereka berada pada saat yang "menentukan" dan "menentukan" bagi dunia. Harris bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy dari Ukraina, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, para pemimpin tiga negara Baltik, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis.

Biden mengirim Harris ke Jerman dengan perintah langsung untuk memperkuat kekhawatirannya bahwa invasi Rusia sangat mungkin terjadi dan menjelaskan kepada sekutu Eropa bahwa mereka harus siap untuk menjatuhkan sanksi terberat yang pernah dilihat Moskow.

Harris mengatakan kepada wartawan bahwa invasi, dan sanksi selanjutnya terhadap Rusia, kemungkinan akan merugikan orang Amerika juga.

“Ketika Amerika berdiri untuk prinsip-prinsip itu, dan semua hal yang kita sayangi, terkadang kita harus menempatkan diri kita di luar sana dengan cara yang mungkin akan menimbulkan biaya,” kata Harris. “Dalam situasi ini, itu mungkin terkait dengan biaya energi.”

Dan pesan persatuannya di Eropa dalam menghadapi agresi Rusia diambil alih oleh Zelenskyy. Segera setelah bertemu dengan Harris pada hari Sabtu, dia menggunakan penampilannya di konferensi untuk mempertanyakan mengapa AS dan Eropa menunggu untuk menjatuhkan sanksi terhadap Rusia.

"Apa yang kamu tunggu?" Zelenskyy bertanya kepada para pemimpin Barat. Dia mengatakan sanksi yang menargetkan Rusia setelah ekonomi Ukraina runtuh dan "bagian dari negara kita akan diduduki" akan memberikan sedikit kenyamanan.

Dia juga mengulangi keinginan Ukraina untuk bergabung dengan NATO bahkan ketika Putin menuntut jaminan dari AS dan aliansi itu tidak pernah terjadi.

Harris juga mendengar permintaan untuk meningkatkan jumlah pasukan AS dari para pemimpin Baltik yang khawatir negara mereka bisa menjadi negara berikutnya yang menjadi perhatian Rusia.

Presiden Lituania, Gitanas Nauseda, mendesak AS, yang telah memperkuat kehadiran pasukannya di Baltik dalam beberapa pekan terakhir, untuk berbuat lebih banyak lagi dan menciptakan “kehadiran permanen” di Lituania.

Saat ini, AS mengerahkan kontingen kecil pasukan ke negara itu secara bergilir.

Perdana Menteri Estonia, Kaja Kallas, menggemakan seruan itu. “Kami telah kehilangan kemerdekaan kami dari Rusia sekali, dan kami tidak ingin itu terjadi lagi,” katanya.

Harris tidak memberikan janji, meskipun dia memperkirakan dalam pidatonya di konferensi bahwa AS “akan semakin memperkuat Sekutu NATO kami di sisi timur” jika Rusia menginvasi Ukraina. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home