Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:00 WIB | Selasa, 18 April 2017

Wapres Imbau Masyarakat Tidak Tamasya Al-Maidah

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (duduk ketiga dari kiri) mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta, hari Senin (17/4), mengajak seluruh warga Jakarta untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) putaran kedua di DKI Jakarta pada Rabu (19/4). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mengimbau masyarakat dari luar Jakarta untuk tidak melakukan "Tamasya Al-Maidah" saat Pilkada DKI berlangsung pada 19 April 2017.

"Sebenarnya tidak perlu didatangkan dari luar, kalau memang ingin menyaksikan itu kan sebaiknya warga yang memilih di TPS itu nanti pada jam-jam satu datang kembali untuk melihat, tak usah datangkan dari luar," kata Jusuf Kalla dalam konferensi pers di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, hari Selasa (18/4).

Melalui imbauan tersebut, Wapres mengharapkan agar masyarakat dari luar Jakarta untuk mematuhi maklumat yang dikeluarkan Polda Metro Jaya, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta agar masyarakat tentang larangan mobilisasi massa bertema "tamasya Al-Maidah".

Sebaliknya, Wapres mengharapkan kedatangan warga DKI yang tinggal di sekitar Tempat Pencoblosan Suara (TPS) saat penghitungan sangat diharapkan untuk menjadi saksi bersama.

"Kalau Anda pemilih di situ, ya datanglah ramai-ramai waktu penghitungan untuk menjadi saksi bersama, nah itu justru diharapkan," kata dia.

Lebih lanjut, JK menjelaskan jika jadi satu TPS memiliki 300 pemilih yang telah menggunakan haknya, maka seratus orang datang saat penghitungan suara sudah cukup untuk menjadi saksi.

Menurut JK, mobilisasi warga non-Jakarta saat Pilkada dikhawatirkan akan menimbulkan masalah karena jika 10 persen saja penduduk Jakarta melihat penghitungan suara, jumlahnya sudah sangat banyak.

"Kalau 10 persen saja penduduk Jakarta atau seperti saya katakan tadi setengah saja yang pergi di TPS untuk melihat penghitungan itu bisa 5 juta atau 3-4 juta orang, luar biasa," kata dia.

Wapres juga berharap agar masyarakat di luar Jakarta untuk menghormati dan mempercayai warga Jakarta dapat melaksanakan Pilkada yang aman, tertib, dan damai.

"Karena kalau orang dari daerah lain masuk ke Jakarta kan sepertinya tidak percaya orang Jakarta," kata dia.(Ant)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home