Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 17:51 WIB | Jumat, 26 Juni 2015

Wapres Sarankan Vaksinasi untuk Cegah MERS-CoV

Ilustrasi: Calon haji asal Indonesia yang akan beribadah umrah menunggu pemberangkatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, 2014. (Foto: Dok satuharapan.com/Antara/Lucky R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyarankan agar dilakukan vaksinasi bagi warga yang akan melaksanakan ibadah haji guna mencegah terserang penyakit Corona Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV).

"Sebelum berangkat harus divaksinasi dulu dan tentu di sana tidak boleh terlalu dekat dengan unta," kata Wapres di Jakarta, Jumat (26/6).

Hal itu disampaikan Wapres terkait semakin banyaknya korban yang terserang virus MERS di Korea Selatan yang saat sudah mencapai sekitar 179 orang.

Meski saat ini belum ditemukan kasus MERS di Indonesia, menjelang pelaksanaan ibadah haji ini pemerintah harus bersiap agar tidak ada calon haji yang terdampak MERS.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengimbau calon jemaah haji untuk menjaga dan memeriksakan kesehatan guna mencegah terjangkit virus MERS.

"Tiap calon haji kami minta untuk memelihara kesehatannya sejak lama," kata Nila seraya menambahkan, Kemenkes sudah melakukan rapat terbatas dengan Presiden dan Menteri Agama terkait hal tersebut.

"Calon haji kita umumnya yang berusia lanjut berisiko tinggi. Jadi kami menyadari risiko tinggi calon haji, tentu kami mengingatkan untuk menjaga kesehatan, memakai masker, menjaga kebersihan, harus dilakukan," katanya.

Meskipun hingga saat ini belum ditemukan kasus MERS di Indonesia, jika mengalami demam dan curiga terkontaminasi MERS, Nila mengingatkan untuk segera memeriksakan kesehatan. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home