Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 16:43 WIB | Minggu, 19 Januari 2020

Warga Arab Saudi Perdebatkan Aturan Tutup Toko Selama Waktu Salat

(Foto ilustrasi: Ist)

JEDDAH, SATUHARAPAN.COM-Arab Saudi baru-baru ini mengumumkan memungkinkan kegiatan komersial dinegara itu beroperasi selama 24 jam, namun ada perdebatan tentang berbagai masalah terkait perubahan itu, termasuk kebiasaan di Arab Saudi bahwa toko dihruskan tutup pada waktu salat, dan diterapkan lima kali dalam sehari.

Sebuah kebiasaan yang secara unik diidentifikasikan pada Arab Saudi di antara semua negara Muslim, yang biasanya mengharuskan toko tutup selama salat Jumat, praktik ini telah lama dibahas dan diperdebatkan di masyarakat, menurut laporan Arab News, gari Minggu (19/1).

Selama lebih dari 30 tahun, bisnis komersial di Arab Saudi telah menutup dan mengunci pintu mereka begitu panggilan doa pertama terdengar. Mobil-mobil akan mengantri ke pompa bensin yang menunggu untuk dibuka, apotek ditutup, restoran dan supermarket juga,  dan pengunjung dipaksa untuk menunggu di luar dengan cara yang dianggap tidak nyaman bagi kebanyakan orang.

Sebelum reformasi baru-baru ini yang telah memeriksa ulang wewenang Komisi untuk Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan (CPVPV) atau polisi agama seperti yang biasa dikenal. Petugas CPVPV biasanya memiliki kekuasan untuk menangkap dan menghukum pemilik toko yang melanggar keharusan menutup toko mereka selama beberapa menit. Hukuman atas pelanggaran dapat berupa penahanan, cambukan dan bahkan deportasi jika pelayan toko itu bukan orang ArabSaudi.

Debat aturan untuk menutup toko dan bisnis telah menjadi topik diskusi pada banyak anggota masyarakat Arab Saudi pada akhir-akhir ini. Dari anggota Dewan Shura, hingga pengusaha, perempuan dan warga negara biasa sehari-hari, dengan banyak yang bertanya-tanya seperti apakah peraturan yang akan berlaku untuk seluruh waktu dalam sehari.

Namun, pertanyaan yang lebih besar sedang diajukan oleh generasi baru pemuda negara itu, yang merupakan mayoritas penduduk Arab Saudi: Mengapa Arab Saudi satu-satunya negara yang menerapkan praktik semacam ini, pandangan yang menentang aturan menutup toko pada saat salat Jumat?

Peraturan Pelaksanaan

Pada tahun 1987, peraturan pelaksanaan CPVPV dikeluarkan oleh Presiden Umum komisi itu, dan paragraf kedua dari artikel pertama menyebutkan sebagai berikut: “Karena doa adalah pilar agama, maka anggota komisi harus memastikan pelaksanaanya pada waktu yang ditentukan di masjid-masjid, dan mendesak orang untuk segera menanggapi panggilan untuk salat, dan mereka harus memastikan bahwa toko-toko tutup, dan bahwa perdagangan tidak dilakukan selama waktu salat."

Berbicara kepada Arab News, Sheikh Ahmad Al-Ghamdi, mantan direktur CPVPV di Mekah, mengatakan bahwa dokumen tersebut memungkinkan anggota polisi agama untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan, dan banyak yang memilih untuk menerapkan apa yang seharusnya berlaku untuk salat Jumat, berlaku juga untuk semua salat hari ini.

Namun “paragraf kedua dari artikel pertama dari peraturan pelaksanaan komisi ini adalah prosedur pengambilan keputusan tidak didasarkan pada suatu sistem, karena peraturan pelaksanaan komisi dikeluarkan oleh Presiden Umum CPVPV, dan sistem badan ini tidak mewajibkan penutupan toko pada waktu salat,” kata Al-Ghamdi. "Itu menjadi praktik yang telah ditetapkan oleh komisi, sesuai dengan paragraf kedua dari artikel pertama tanpa mengabaikan perintah yang telah ditetapkan."

Issa Al-Ghaith, seorang hakim, sarjana Islam, anggota Dewan Shura Arab Saudi dan Pusat Dialog Nasional Raja Abdul Aziz, telah berbicara tentang masalah ini beberapa kali. Dalam sebuah artikel terbaru yang diterbitkan di surat kabar Makkah pada 1 Januari 2020, Dr. Al-Ghaith menjelaskan bahwa tidak ada dasar agama atau hukum.

“Tidak ada dasar hukum untuk menutup toko pada waktu salat setelah mengubah peraturan pemerintah, mencatat bahwa memaksa toko untuk menutup pintu dan orang-orang untuk salat tepat di awal waktu salat, dan untuk melakukan ini di masjid, tidak ada alasan. Tidak dalam Syariah atau dalam hukum," kata Dr. Al-Ghaith.

“Ini agak merupakan pelanggaran terhadap keduanya, dan pelanggaran terhadap hak-hak agama orang (hak Ijtihad dan kebebasan untuk mengikuti rujukan) dan hak-hak duniawi (kebebasan bergerak, berbelanja, mendapatkan manfaat dari layanan sepanjang waktu tanpa dipaksa untuk patuh oleh hal-hal yudisial yang masih mengalami masalah dan perbedaan pendapat)."

Keuntungan bagi Pekerja

Terlepas dari agama dan hukum, tampaknya tidak ada vonis yang jelas dalam masyarakat tentang apakah praktik penutupan toko selama waktu salat harus dilanjutkan atau tidak.

Berbicara kepada Arab News, sejumlah perempuan pekerja toko ritel di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jeddah menceritakan tentang menutup toko selama waktu salat. Kelompok perempuan yang meminta untuk tetap anonim mengatakan bahwa tidak semua orang menjalankan salat ketika toko tutup.

“Banyak yang percaya kami benar-benar beristirahat dan bersantai selama 20-40 menit ketika toko tutup pada waktu salat. Jarang sekali kita memiliki kebebasan untuk jujur,” kata SK, perempuan itu yang berumur 25 tahun, seorang Arab Saudi yang bekerja di toko selama tujuh bulan terakhir. “Kekacauan yang ditinggalkan pelanggan terlalu banyak untuk ditangani selama jam buka toko rutin, sehingga kami mengambil kesempatan yang kami miliki itu untuk mengatur ulang toko, membersihkan dan mengganti semua pakaian di rak."

“Saya setuju dengan kolega saya,” kata MA yang berusia 29 tahun. “Kami tidak keberatan dengan jam penutupan, karena semuanya menjadi sangat sibuk terutama pada hari libur dan seperti yang Anda lihat sekarang selama penjualan. Jadi kita kadang-kadang mengambil kesempatan itu dan mencoba untuk bersantai dalam keheningan sebelum kita menyelesaikan apa pun yang perlu kita lakukan selama waktu itu. Kami memahami frustrasi orang, tetapi itu membantu kami."

"Sayangnya, saya tidak punya kemewahan waktu," kata Rawan Zahid, seorang ibu dari tiga anak perempuan dan seorang pekerja di sebuah perusahaan swasta. “Saya tinggal di tempat yang jauhnya hampir satu jam perjalanan dari kantor saya dan anak bungsu saya berumur empat  bulan. Jadi, saya tidak punya waktu untuk berbelanja setelah bekerja karena terdengar adzan untuk salat Maghrib, dan saya lebih suka pulang ke rumah dan menghabiskan waktu bersama putri-putri saya."

Waktu untuk bolak-balik dari pekerjaan dan kehidupan keluarga, Zahid percaya bahwa sulit untuk mempertahankan ini untuk waktu yang lama. "Menurut saya itu tidak masuk akal," kata Zahid. “Saya pikir itu terlalu membebani banyak orang, terutama mereka yang bekerja berjam-jam sepanjang hari. Bagi mereka yang tidak memiliki pembantu untuk merawat anak-anak mereka, sangat sulit untuk menjalankan tugas sederhana dan itu sangat melelahkan."

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home