Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:14 WIB | Senin, 01 Agustus 2022

Warga Irak Panik, Menyusul Seruan Gelar Unjuk Rasa Tandingan

Para pengunjuk rasa Irak, sebagian besar pengikut ulama Syiah Muqtada al-Sadr, memenuhi gedung parlemen di Baghdad, Irak, Minggu, 31 Juli 2022. Saingan politik al-Sadr telah menyatakan protes tandingan mereka sendiri. Pengumuman pada hari Senin itu menimbulkan ketakutan di antara warga Irak dan menyebabkan pasukan keamanan mendirikan penghalang beton yang mengarah ke Zona Hijau yang dijaga ketat yang menampung gedung parlemen. (Foto: dok. AP/Anmar Khalil)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM-Pasukan keamanan Irak mendirikan penghalang beton saat kepanikan melanda di jalan-jalan Irak, hari Senin (1/8) menjelang protes balasan yang direncanakan oleh saingan politik Syiah yang dikhawatirkan banyak orang dapat meningkat menjadi perselisihan sipil.

Seruan untuk protes balasan datang dari aliansi politik kelompok-kelompok yang didukung Iran yang menentang aksi duduk terbuka di dalam parlemen Irak oleh pengikut ulama Syiah, Muqtada al-Sadr. Prospek demonstrasi yang menentang menimbulkan kekhawatiran akan krisis politik yang semakin dalam. Lingkup politik Irak telah vakum sejak pemilihan federal pada bulan Oktober.

Protes balasan itu diserukan oleh blok Koordinasi Kerangka Kerja, sebuah aliansi yang dipimpin oleh partai-partai Syiah yang dekat dengan Iran, dan dijadwalkan berlangsung hari Senin sore. Aliansi tersebut menginstruksikan para peserta untuk berkumpul di sekitar Jembatan 14 Juli Baghdad, yang mengarah ke Zona Hijau yang dijaga ketat tempat parlemen ditempatkan.

Aliansi melarang peserta memasuki zona, mengarahkan mereka untuk "menunggu instruksi." Itu memberi isyarat kepada pengunjuk rasa untuk tidak bentrok dengan pengikut al-Sadr, tetapi membuka kemungkinan demonstrasi berlarut-larut dalam kebuntuan melawan al-Sadr.

Aliansi itu juga menyerukan para pendukungnya untuk menghormati pasukan keamanan negara dan membawa bendera Irak. Pasukan keamanan mendirikan dinding beton yang menghalangi jalan dari jembatan ke Zona Hijau.

Pengumuman itu muncul setelah al-Sadr mengeluarkan pernyataan pada hari Minggu (31/7) malam menyerukan "revolusi" dan untuk mengubah sistem politik dan konstitusi dan menghapus saingannya sambil mendorong suku-suku Irak untuk bergabung dengannya. Lawannya menganggap pesan itu sebagai seruan untuk kudeta.

Penolakan muncul dalam kepemimpinan blok Koordanasi Kerangka Kerja, dengan beberapa anggota tidak mau ambil bagian dan menyerukan untuk menahan diri. Yang lain mendorong untuk eskalasi.

Saingan utama Al-Sadr, mantan Perdana Menteri Nouri al-Maliki, kepala aliansi itu, dan pemimpin Syiah Qais al-Khazali, tampaknya memimpin aksi protes. Sementara itu, Ketua Aliansi Fatah, Hadi al-Ameri, mendesak kontrol dan moderasi, kata dua pejabat politik Syiah. Mereka berbicara dengan syarat anonim sesuai dengan peraturan.

Kataib Hezbollah, kelompok milisi lain yang didukung Iran, juga menyarankan untuk tidak berpartisipasi.

Jika protes meningkat, itu akan menjadi pengikut al-Sadr dan al-Maliki akan menghadapi konfrontasi lagi sejak 2008, ketika mantan perdana menteri memimpin tentara Irak mengusir milisi ulama sebelumnya, Tentara Mahdi, keluar dari Basra, kota di wilayah selatan.

Kedua pria itu kuat dalam dukungan untuk mereka sendiri, dan telah menjadi musuh bebuyutan sejak saat itu.

Loyalis Al-Sadr melanjutkan aksi duduk mereka pada hari ketiga. Ribuan di antara mereka menyerbu gedung parlemen pada hari Sabtu, untuk kedua kalinya dalam kurun waktu sepekan. Kali ini, mereka tidak bubar. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home