Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:30 WIB | Selasa, 15 Maret 2022

Warga Odessa, Ukraina, Gotong Royong Bangun Pertahanan dengan Karung Pasir

Penduduk setempat membawa karung pasir berisi pasir dari pantai Sobachyy untuk memperkuat pertahanan kota, saat invasi Rusia ke Ukraina berlanjut di Odessa, Ukraina, pada Senin, 14 Maret 2022. (Foto: Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Penduduk Odessa, Ukraina, membentuk rantai manusia pada hari Senin (14/3) untuk membawa karung pasir berat dari pantai ke truk yang menunggu ketika kota pelabuhan Ukraina yang panik membangun pertahanan melawan invasi pasukan Rusia.

Sejak tak lama setelah invasi ke Ukraina dimulai pada 24 Februari, warga sipil dari semua lapisan masyarakat telah mengisi kantong dengan pasir, mengikatnya dan mengangkutnya ke kota di mana digunakan untuk penghalang dan untuk melindungi monumen.

“Kami bekerja di sini karena kami tidak tahu cara membunuh,” kata fotografer acara, Victor Skrypnik.

Puluhan orang berkerumun di belakangnya dan seorang penggali menumpuk gundukan pasir. Sesekali para pekerja menyanyikan lagu patriotik.

“Kami bukan pejuang profesional, tetapi kami dapat membantu tentara kami dan 60% kemenangan dibangun di sini oleh orang-orang (biasa),” kata Skrypnik.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, telah meminta warga untuk bergabung dalam upaya perang dengan cara apa pun yang mereka bisa.

Puluhan ribu orang telah menjawab seruannya saat militer Rusia maju di selatan dan timur laut dan dekat dengan pinggiran ibukota Kiev.

Moskow mengatakan sedang melakukan "operasi khusus" untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" Ukraina. Ukraina dan sekutu Barat menyebutnya sebagai dalih tak berdasar untuk invasi dan perang penaklukan.

Pasukan Rusia belum mencapai Odessa, tetapi Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pada hari Minggu (13/3) bahwa pasukan angkatan laut Rusia telah membentuk blokade pantai Laut Hitam Ukraina. Banyak orang di Odessa merasa hanya masalah waktu sebelum pertempuran mencapai mereka.

Penduduk sangat bangga dengan kota mereka. Odessa, dengan bangunan bersejarah dan jalan raya yang lebar, adalah tujuan liburan favorit bagi orang-orang di seluruh Uni Soviet.

Di sinilah pemberontakan tahun 1905, yang didukung oleh para pelaut Rusia yang memberontak, dihancurkan dengan kejam oleh pasukan Tsar, adegan-adegan yang terkenal dibuat oleh sutradara Sergei Eisenstein di tangga raksasa Odessa dalam filmnya tahun 1925: “Battleship Potemkin.”

Di pantai, penyelenggara mengatakan mereka telah memindahkan sekitar 400.000 karung pasir ke Odessa sejauh ini dan sekitar 700 ton pasir dikantongi setiap hari.

“Kami sangat optimis dengan situasi ini, karena orang-orang sangat bersatu,” kata komedian Ivan Dyubo.

“Anda dapat melihat bahwa usia yang berbeda, bahasa yang berbeda, budaya yang berbeda semuanya siap untuk berjuang untuk Ukraina, dan untuk seluruh Eropa sebenarnya.

“Sementara NATO cukup diam, kami sebenarnya berjuang,” tambahnya, menggemakan frustrasi yang berkembang di antara warga Ukraina bahwa Barat tidak berbuat lebih banyak untuk membantu mengusir kemajuan Rusia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home