Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:49 WIB | Sabtu, 26 Februari 2022

Warga Rusia Protes Agresi ke Ukraina

Demonstran memegang tanda 'Tidak ada perang!', di St. Petersburg, Rusia, pada hari Kamis, 24 Februari 2022. Ratusan orang berkumpul di pusat kota Moskow pada hari Kamis, memprotes serangan Rusia di Ukraina. Banyak demonstran yang ditahan. Protes serupa terjadi di kota-kota Rusia lainnya, dan para aktivis juga ditangkap. (Foto: AP/Dmitri Lovetsky)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Warga Rusia yang menentang invasi ke Ukraina menggelar aksi protes, baik mereka berkumpul di lapangan, mapun protes melalui internet dan media sosial. Namun pemerintah Rusa menangkapi mereka, dan melakukan pembatasan akses ke Medsos.

Para pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di kota Moskow, St. Petersburg dan di seluruh Rusia pada hari Jumat (25/2)  untuk mengecam invasi ke Ukraina, bahkan ketika pihak berwenang berusaha untuk menekan penyebaran sentimen anti perang dan memproyeksikan citra kekuatan dan kebenaran.

Demonstrasi terbesar meletus di St. Petersburg, di mana beberapa ratus orang secara spontan berkumpul di pusat kota, meneriakkan “Tidak untuk perang!” ketika polisi dengan perlengkapan anti huru hara lengkap menahan satu demi satu pengunjuk rasa.

Kelompok hak asasi OVD-Info yang melacak penangkapan politik menghitung 437 penahanan di 26 kota Rusia, termasuk 226 di Moskow dan 130 di St. Petersburg. Di Moskow, polisi juga menahan orang-orang yang kebetulan lewat, menurut laporan media.

Unjuk rasa pada hari Jumat malam tampak lebih kecil daripada pada Kamis, ketika ribuan orang turun ke jalan di seluruh Rusia. Sebanyak 1.820 demonstran ditahan di 58 kota Rusia pada Kamis malam, termasuk 1.002 di Moskow, menurut OVD-Info.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov berusaha untuk mengecilkan skala protes, dengan mengatakan pada hari Jumat bahwa Presiden Vladimir Putin “mendengar pendapat semua orang,” dia juga tahu “bagian dari mereka yang memiliki sudut pandang berbeda dan mereka yang bersimpati pada hal yang diperlukan dalam operasi seperti itu."

Sebuah pertunjukan dukungan yang tidak menyenangkan untuk serangan terhadap Ukraina datang dari Chechnya, wilayah mayoritas Muslim Rusia yang dijalankan oleh pemimpin tangan besi Ramzan Kadyrov. Media Chechnya pada hari Jumat melaporkan bahwa Kadyrov mengerahkan sekitar 12.000 pasukan keamanan di pusat Grozny, ibu kota wilayah itu, untuk apa yang digambarkan sebagai pemeriksaan kesiapan operasional.

Menurut situs berita lokal, Chechnya Today, Kadyrov mengatakan mereka siap untuk mengambil bagian "dalam setiap operasi khusus," jika diperlukan, dan mendesak Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy untuk menelepon Putin, dan menawarkan permintaan maaf.

Wartawan Anti Perang Hadapi Masalah

Sementara itu,k Yelena Chernenko, seorang jurnalis di harian Kommersant, Rusia, mengatakan dia dikeluarkan dari kelompok Kementerian Luar Negeri atas sebuah surat terbuka yang mengutuk serangan terhadap Ukraina yang telah ditandatangani oleh hampir 300 wartawan.

Chernenko mengatakan di aplikasi perpesanan Telegram bahwa kementerian mengutip "kurangnya profesionalisme," dan dia mendesak para pejabat untuk tidak membalas wartawan yang menandatangani surat itu. “Tampaknya seperti itulah,” tulis Chernenko tentang larangan yang sekarang dia hadapi.

Wartawan lain yang menghadapi masalah adalah Yuri Dud. Seperti banyak orang lain pada hari Kamis, Dud, seorang kritikus vokal Kremlin yang menjalankan salah satu blog YouTube paling populer di Rusia, menulis sebuah posting media sosial yang rumit yang mengecam invasi ke Ukraina.

Pada hari Jumat, sebuah kelompok pengawas internet berpengaruh yang didukung Kremlin, Liga Internet Aman, mengajukan permintaan ke kantor Kejaksaan Agung dan Kementerian Kehakiman untuk mempertimbangkan pelabelan Dud sebagai “agen asing”, sebutan yang melumpuhkan yang menyiratkan pengawasan pemerintah tambahan dan kuat, dan berkonotasi merendahkan yang akan mendiskreditkannya.

Stasiun TV pemerintah yang populer, Channel One, mengumumkan akan mengganti acara hiburan pada jadwalnya dengan acara berita dan politik “karena situasi saat ini.” Di antara yang dibatalkan adalah pertunjukan larut malam yang dibawakan oleh komedian populer, Ivan Urgant, karena berbicara menentang invasi di Instagram-nya.

Juru bicara saluran bersikeras keputusan untuk menghapus acara Urgant dari jadwal tidak ada hubungannya dengan posting Instagram-nya.

Pembatasan Akses Medsos

Dalam tanda lain, Kremlin memperketat peredaman pada suara-suara yang berbeda, pengawas komunikasi dan internet Rusia, Roskomnadzor, mengumumkan "pembatasan sebagian" pada akses ke Facebook sebagai tanggapan atas platform yang membatasi akun beberapa media yang didukung Kremlin. Itu tidak mengatakan apa sebenarnya batasan yang tersirat.

Badan tersebut mengatakan menuntut Facebook mencabut pembatasannya pada kantor berita negara RIA Novosti, saluran TV negara Zvezda dan situs berita pro Kremlin Lenta.Ru dan Gazeta.Ru, tetapi platform tersebut tidak mematuhinya. Langkah Facebook, menurut Roskomnadzor, termasuk menandai konten mereka sebagai tidak dapat diandalkan dan memberlakukan pembatasan pada hasil pencarian untuk mengurangi audiens publikasi di Facebook.

Dalam pernyataan resminya, Roskomnadzor mengatakan bahwa Kementerian Luar Negeri Rusia dan kantor Kejaksaan Agung pada hari Jumat menemukan Facebook “terlibat dalam pelanggaran fundamental semua hak asasi manusia dan kebebasan, serta hak dan kebebasan warga negara Rusia," dan menyatakan langkahnya sebagai “langkah-langkah untuk melindungi media Rusia." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home