Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 11:19 WIB | Senin, 04 Mei 2015

Warisan Agen Oranye Empat Dekade Vietnam

Warisan Agen Oranye Empat Dekade Vietnam
Seorang anak Vietnam mengalami cacat mental dan fisik pasca empat puluh tahun konflik perang Vietnam dengan Amerika Serikat. Militer Amerika Serikat telah menggunakan senjata kimia, menyemprotkan jutaan galon Agent Oranye ke hutan Vietnam yang berdampak pada kecacatan fisik dan mental sejak lahir seperti yang masih tersisa hingga sekarang. (Foto-foto: Damir Sagolj).
Warisan Agen Oranye Empat Dekade Vietnam
Seorang ibu menjaga putranya yang mengalami cacat secara fisik maupun mental akibat efek dari senjata kimia pada saat konflik perang Vietnam dan Amerika Serikat 40 tahun lalu.
Warisan Agen Oranye Empat Dekade Vietnam
Dua sosok manusia mengalami cacat mental dan fisik sejak lahir yang diawetkan dalam sebuah wadah akibat efek dari senjata kimia agen oranye pada masa konflik perang Vietnam dan Amerika Serikat.
Warisan Agen Oranye Empat Dekade Vietnam
Seorang ayah menemani anaknya yang mengalami keterbelakangan secara fisik dan mental berfoto bersama.
Warisan Agen Oranye Empat Dekade Vietnam
Seorang ayah sedih melihat anaknya tersungkur di tempat tidur menderita cacat fisik dan mental akibat senjata kimia agen oranye pasca perang Vietnam dan Amerika Serikat 40 tahun lalu.

VIETNAM, SATUHARAPAN.COM – Empat puluh tahun sejak berakhirnya perang Vietnam pada bulan April meninggalkan duka mendalam bagi sejumlah warga Vietnam yang menderita karena mengalami cacat mental dan fisik yang parah sebagai dampak dari apa yang dinamai Agen Oranye.

Agen Oranye atau dikenal juga dengan sebutan "Super Oranye" adalah herbisida dan defolian yang digunakan oleh Militer Amerika Serikat dalam peperangan herbisida (herbicidal warfare) selama Perang Vietnam. Dalam peperangan herbisida tersebut, sejumlah herbisida termasuk Agen Oranye digunakan dengan maksud untuk menghancurkan produksi bahan pangan dan pepohonan yang dijadikan sebagai tempat bersembunyinya musuh. Agen Oranye digunakan dari 1961 hingga 1971, dan di antara semua yang disebut " herbisida pelangi" yang yang paling berbahaya, yang digunakan dalam program ini.

Efek sisa dari Agen Oranye telah menyebabkan kanker dan cacat lahir. Militer Amerika Serikat telah menyemprotkan jutaan galon Agen Oranye ke hutan Vietnam selama  perang untuk memukul mundur pasukan komunis Utara.

Selama empat dekade luka dari efek Agen Oranye tersebut telah tertanam di kalangan warga Vietnam. Berikut foto-foto dari sejumlah warga yang masih terkena dampak dari senjata kimia tersebut yang telah diabadikan oleh Damir Sagolj di sebuah desa sekitar 1.500 kilometer dari Utara ke Selatan Vietnam.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home