Loading...
MEDIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:25 WIB | Sabtu, 04 Maret 2017

Wartawan Ditangkap Setelah Menulis Kesehatan Presiden Zimbabwe

Ilustrasi. Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, terlihat seperti berlutut setelah jatuh seusai menyampaikan pidato di depan pendukungnya di bandara internasional Harare, pada Februari 2015 (Foto: . AFP)

HARARE, SATUHARAPAN.COM -  Dua wartawan Zimbabwe ditangkap pada Jumat (03/03) atas pemberitaan surat kabar yang menggambarkan kondisi kesehatan Presiden Robert Mugabe buruk ketika dia terbang ke Singapura untuk melakukan pemeriksaan medis terjadwal.

Pemimpin redaksi surat kabar independen NewsDay, Wisdom Mudzungairi, dan wartawan Richard Chidza dibebaskan menjelang persidangan pada Sabtu.

Berita di halaman depan itu mengatakan Mugabe (91) “mengendap-endap keluar dari negara ini” pada pekan ini, dan mengutip narasumber yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan “kondisi kesehatannya pelik.”

Laporan itu, berjudul “masalah kesehatan terbaru Mugabe,” mengatakan bahwa Ibu Negara Grace Mugabe terbang ke Dubai untuk mengatur penerbangan carter.

“Mereka ditangkap dan didakwa dengan merendahkan dan menghina kantor presiden,” kata pengacara mereka Obey Shava sebelum pembebasan mereka.

Dia mengatakan penangkapan mereka “berkaitan dengan berita utama surat kabar itu.”

Perjalanan Mugabe ke Singapura, tidak lama setelah pesta ulang tahunnya yang ke-93, diumumkan oleh juru bicaranya pada Rabu.

Presiden tersebut diperkirakan akan kembali pada pekan depan.

Kesehatan Mugabe menjadi subjek spekulasi dalam beberapa tahun terakhir, dan dia sering terbang ke Singapura untuk menjalani perawatan medis.(AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari

Baca Juga


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home