Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 16:07 WIB | Kamis, 24 Juli 2014

WCC Bersolidaritas dengan Gereja Belanda atas Bencana MH17

Seseorang memanjatkan doa untuk korban MH17 di Melbourne, Australia, Selasa (22/7). (Foto: AFP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM –Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) melalui gereja-gereja anggota di Belanda menyampaikan belasungkawa tulus kepada keluarga penumpang Belanda yang menjadi bagian dari 193 penumpang yang meninggal dalam jatuhnya Malaysia Airlines MH 17 di Ukraina pekan lalu.

“Semoga damai Kristus menyertai Anda sekalian, dan semoga harapan kebangkitan menuju kehidupan kekal menghibur Anda,” kata Dr Isabel Apawo Phiri, Wakil Sekum WCC Bidang Kesaksian dan Diakonia, dalam surat resmi yang dikirim ke gereja-gereja Belanda, Senin(21/7).

“Kami sangat sedih bahwa bahkan sekarang beberapa jenazah masih belum dievakuasi dan yang telah ditemukan belum dikembalikan ke keluarga mereka,” kata Phiri.

Phiri melanjutkan untuk menekankan pentingnya “menyerukan semua pihak untuk memperlakukan lokasi kecelakaan dengan hormat, dan kebutuhan untuk menangani tubuh dengan martabat”.

Dia menyebutkan seruan untuk solidaritas dari gereja-gereja Belanda, mendorong keluarga ekumenis dan gereja-gereja Rusia untuk melakukan semua yang mereka bisa—sehingga “penemuan dan pengidentifikasian jenazah dapat berlangsung secepat mungkin” dan “penyelidikan yang tepat ke dalam kecelakaan dapat dilakukan. “

“Kita diingatkan panggilan kita untuk mencari keadilan dan kebenaran; sangat penting untuk memperkuat iman kita. Seruan untuk menuntut kepedulian kami terhadap semua orang yang dirampas hak dan martabat yang melekat dan tidak dapat dicabut mereka, kepenuhan hidup dan keadilan yang sama,” Phiri menyimpulkan. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home