Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 13:09 WIB | Rabu, 03 Desember 2014

WCC dan PBB Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Basmi Ebola

Ecumenical Centre. (Foto: LWF)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Pemimpin PBB dan Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) sepakat bahwa tokoh masyarakat dan agama perlu bekerja sama lebih bekerja untuk melawan momok mematikan virus ebola.

Mereka bertemu di sebuah acara bertajuk “60 Hari Tindak Lanjut Ebola” di Ecumenical Centre di Jenewa pada Jumat (28/11). Ini merupakan tindak lanjut dari konsultasi pada 29 September lalu diselenggarakan oleh WCC di Jenewa.

Dengan bantuan Skype dalam konsultasi November, Dr David Nabarro, Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB pada ebola, mengatakan, “kelompok agama benar-benar kunci untuk respons ebola karena mereka memiliki akses ke masyarakat.”

Konsultasi itu bertujuan untuk saling berbagi keahlian, pengalaman dan kebijaksanaan dari para staf kunci WCC, PBB, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), UNICEF, UNAIDS, ILO, IOM, ACT Alliance, Lutheran World Federation, Caritas International, berbagai komunitas iman, German Institute for Medical Mission (DIFAEM), Bread for the World, dan para pemangku kepentingan lainnya, untuk berdialog dan strategi respons saat ini untuk ebola.

Virus ebola “menyerang langsung ke inti” kemanusiaan, Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, mengatakan dalam video yang direkam untuk konsultasi WCC. Dia menekankan bahwa “sangat penting” kontribusi gereja dan komunitas agama lainnya dalam merespons krisis.

Pemimpin gereja Anglikan ini berbicara tentang “kesedihan mendalam” yang ia temui dalam kunjungannya ke Afrika Barat pada Oktober. Di sana, ia bertemu dengan Kepala Staf Misi PBB untuk Tanggap Darurat Ebola (UNMEER) di Accra, Ghana.

“Anda terinfeksi oleh orang-orang yang paling Anda cintai, dan berduka untuk sebagian besar mereka. Dan, mereka paling berbahaya bagi Anda ketika mereka sudah meninggal,” kata uskup agung itu.

Pertemuan WCC diselenggarakan oleh wakil organisasi Kristen untuk kesehatan, pembangunan, dan bantuan serta badan-badan PBB untuk saling belajar dan mencari cara berkolaborasi meningkatkan usaha mereka.

Menanggapi Krisis Ebola

Sekretaris Umum WCC Rev. Dr Olav Fykse Tveit, mengatakan, “Ini merupakan sebuah krisis medis dan krisis masyarakat. Gereja-gereja anggota WCC sebagai sebuah komunitas membantu keluarga.”

Anak-anak sangat rentan dan banyak dari mereka menemukan diri mereka tanpa orangtua karena ebola.

Ia mengatakan lembaga berbasis gereja dapat sangat efektif di negara-negara yang terkena dampak ebola dan mendukung mereka adalah “sangat penting.”

Tveit mengutip kata-kata dari deputi Sekjen WHO Dr Keiji Fukuda, dalam pertemuan pada 2 Oktober, yang mengatakan bahwa PBB dapat mengirim tentara untuk menangani logistik yang terlibat dalam mencegah penyebaran ebola dan menyediakan fasilitas pengolahan yang diperlukan.

Tapi hanya itu sejauh mereka bisa pergi. WCC dan jemaat harus mengambil “tongkat estafet terakhir” kepada masyarakat.

Dr Sue Parry dari program kesehatan dan penyembuhan WCC mengatakan telah ada pengembangan strategi tentang cara komunitas gereja dapat memerangi ebola global dan ada telah banyak konsultasi dengan WHO dan pemangku utama lainnya.

Dia mengutip dalam konsultasi 24-26 November di Nairobi pada respons ebola yang menarik para pemimpin gereja, tenaga kesehatan gereja, kelompok lintas agama dan PBB untuk membantu memetakan respons masa depan.

Parry mencatat bahwa WCC mewakili banyak kepemimpinan gereja dan lembaga Kristen di seluruh dunia. “WCC juga memiliki jaringan yang luas dalam pelayanan kesehatan. Mereka berkontribusi pada sebagian besar dari perawatan kesehatan nasional di seluruh Afrika. Sering mereka adalah satu-satunya poin dari perawatan kesehatan di daerah pedesaan dan terpencil dari berbagai negara di mana mereka ditemukan.”

Dia menambahkan, “Kami tidak hanya melihat ebola sebagai tanggap darurat.”

Dia mengatakan masyarakat yang terkena dampak ebola di Liberia, Guinea dan Sierra Leone telah hancur. Dan, tatanan sosialnya remuk. “Dan itu terjadi di negara-negara yang baru saja melewati konflik sipil.” (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home