Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 17:43 WIB | Rabu, 28 Mei 2014

WCC Dukung Pertemuan Paus dan Patriark Ekumenis di Yerusalem

Paus Fransiskus (kiri) dan Patriark Bartolomeus saat berziarah ke Gereja Makam Kudus di Yerusalem Timur, Minggu (25/5). Batu di depan mereka secara tradisi dipercaya sebagai tempat meletakkan jenazah Yesus sebelum dikuburkan di Taman Getsemani. (Foto: AFP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Pertemuan akhir pekan lalu antara Paus Fransiskus, Uskup Roma, dan Patriark Ekumenis Konstantinopel Bartolomeus memiliki signifikansi untuk gereja global dan gerakan ekumenis di luar gereja Katolik Roma dan Ortodoks, kata Pdt Dr Olav Fykse Tveit, Sekretaris Umum Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC).

Mengacu pada teks Deklarasi Umum yang dikeluarkan kedua pemimpin gereja pada Minggu (25/5) Tveit menunjuk konfirmasi mereka atas panggilan untuk persatuan gereja, pentingnya pertemuan mereka di Yerusalem dan Tanah Suci dan keyakinan bersama mereka bahwa kita semua dalam perjalanan sebagai peziarah bersama-sama pada ziarah keadilan dan perdamaian.

Dalam deklarasi bersama tersebut, Paus Fransiskus dan Patriark Ekumenis Bartolomeus berjanji untuk melanjutkan jalan menuju kesatuan antara gereja-gereja Katolik Roma dan Ortodoks. “Pertemuan persaudaraan kita hari ini adalah langkah baru dan diperlukan pada perjalanan menuju kesatuan yang hanya Roh Kudus dapat memimpin kita, bahwa persekutuan dalam keragaman yang sah,” kata dokumen tersebut.

“Adalah penting bahwa Uskup Roma dan Patriark Konstantinopel bertemu untuk mengonfirmasi panggilan ini dari gereja menuju kesatuan seperti pendahulu mereka yang dilakukan 50 tahun lalu,” kata Tveit. “Dan bahwa ini dipandang sebagai langkah penting menuju persekutuan dalam ‘keanekaragaman yang sah.’”

“Kebutuhan dan pemahaman atas keanekaragaman yang harus dihormati dalam gereja dikonfirmasi di pada Sidang Raya ke-10 pada Oktober tahun lalu. Saat itu, di Busan Korea, para pemimpin gereja Ortodoks dan Katolik Roma hadir bersama-sama dengan perwakilan dari semua gereja anggota WCC dan seterusnya,” kata Tveit. “Begitu mendengar hal ini langsung dari mereka, ini menambah inspirasi kami semua hadirin sidang raya.”

Dokumen tersebut juga menunjuk ke arah pentingnya mereka telah bertemu di Yerusalem dan Tanah Suci, dan pentingnya fakta ini untuk gereja-gereja di wilayah Timur Tengah. Kedua pemimpin itu mengatakan, “Kami mengungkapkan keprihatinan yang mendalam kami bersama untuk situasi umat Kristiani di Timur Tengah dan hak mereka untuk tetap menjadi warga penuh tanah air mereka. Dalam kepercayaan kita beralih ke Tuhan Mahakuasa dan penuh belas kasihan dalam doa bagi perdamaian di Tanah Suci dan di Timur Tengah pada umumnya.”

“Pertemuan mereka di Yerusalem ini pekan lalu dan doa bersama mereka adalah tanda yang kuat dari komitmen terhadap keadilan dan perdamaian bagi semua orang di wilayah tersebut. Ini memperkuat gereja di wilayah tersebut, bahkan saat gereja terus berjuang di bawah tekanan dari konflik di wilayah tersebut, yang menderita di bawah pendudukan, seperti orang-orang Kristen di Palestina, dan kesulitan ekonomi regional,” kata Tveit.

Tveit juga mengungkapkan harapannya dalam deklarasi kedua pemimpin terkait  peran dalam dialog antaragama. “Ini sangat penting untuk seluruh persekutuan jemaat kita, apakah mereka mayoritas agama atau agama minoritas dalam masyarakat mereka,” kata Tveit. “Dialog ini sangat penting terutama dalam latar belakang seperti Timur Tengah.”

Tveit mengatakan pertemuan kedua pemimpin gereja tersebut “adalah tanda harapan dan inspirasi bagi gereja-gereja di seluruh dunia sebagai kesatuan kita, bahkan dalam keragaman, memungkinkan gereja untuk bergerak bersama pada ziarah umum atas keadilan dan perdamaian.”

WCC adalah persekutuan global 345 gereja termasuk hampir semua gereja Ortodoks di dunia serta Anglikan, Baptis, Lutheran, Methodist, Injili, Pantekosta dan Gereja-gereja Reformasi. Patriarkat Ekumenis Konstantinopel adalah salah satu anggota pendiri WCC pada tahun 1948, dan pada tahun 1920 telah mengundang semua gereja-gereja Kristen bersama-sama untuk membentuk Liga Gereja mirip dengan Liga Bangsa-Bangsa. Melalui gereja-gereja anggotanya, WCC mewakili lebih dari 560 juta orang Kristen di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Walaupun Gereja Katolik Roma bukanlah anggota dari WCC, keduanya bekerja sama erat pada proyek-proyek yang terkait dengan kesatuan Kristen, kesaksian bersama, dialog dan hubungan antaragama, formasi ekumenis, hak asasi manusia, migrasi dan perdamaian dan keadilan. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home