Loading...
RELIGI
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:48 WIB | Senin, 22 April 2019

WCC Kutuk Serangan Teror di Sri Lanka, Serukan Akhiri Kekerasan

Ilustrasi. WCC mengutuk serangan teror di Sri Lanka, dan serukan akhiri kekerasan. (Foto: oikoumene.org)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Dengan perasaan terkejut dan kesedihan yang mendalam pada hari Minggu (21/4) bertepatan dengan perayaan Paskah, Dewan Gereja Dunia (World Church of Churches/WCC) mengungkapkan solidaritasnya kepada gereja-gereja dan warga di Sri Lanka, setelah berita pengeboman gereja dan hotel, yang merenggut lebih dari 200 orang, dan banyak korban terluka .

Sekretaris Jenderal WCC Pdt Dr Olav Fykse Tveit mengatakan, “Sementara kami masih menunggu informasi mengenai para pelaku dan motif mereka, kami sangat mengutuk serangan terhadap orang-orang yang berkumpul di tempat ibadah, dan pada wisatawan yang mengunjungi Sri Lanka, dan menawarkan doa tulus kami untuk para korban dan belasungkawa kepada semua orang yang kehilangan orang yang dicintai dalam tindak kekerasan yang mengerikan ini."

Tveit menambahkan, “Sebagai persekutuan global gereja-gereja, kami berdiri dalam solidaritas khusus dengan orang-orang Kristen di Sri Lanka, yang telah diserang dengan cara yang kejam ini ketika merayakan kebangkitan Yesus Kristus, momen penting dalam perjalanan iman bagi semua orang Kristen."

Tveit juga mengatakan, "Penargetan gereja dengan cara ini adalah serangan terhadap perdamaian dan harmoni agama dan pada tatanan sosial dan budaya bangsa, yang telah lama berjuang untuk menegakkan prinsip-prinsip harmoni dan keragaman agama."

Salah satu target serangan ini adalah komunitas Gereja St Anthony, Kochikade, sebuah kuil kebanggaan nasional yang dibangun dengan rasa hormat yang dalam, dan dikunjungi oleh orang-orang dari banyak agama.

Tveit berkata, “Tindakan kekerasan semacam itu merusak kesucian hidup dan merupakan penistaan ​​dalam banyak hal. Bahkan ketika kita berseru menentang penistaan ​​ini, kita dengan tegas menegaskan bahwa kekerasan tidak boleh melahirkan kekerasan. Dalam semangat cinta Kristus, pada Hari Paskah ini, kita berpegang teguh pada keyakinan bahwa kekerasan, kebencian, dan kematian harus berakhir.”

“Pikiran dan doa kami bersama gereja-gereja anggota kami dari persekutuan global WCC, mitra ekumenis kami dari Gereja Katolik Roma, dan Pemerintah Republik Sri Lanka yang telah dengan tepat menyerukan kepada semua warga Sri Lanka selama masa tragis ini untuk tetap bersatu dan memperkuat barisan dan sedang mengambil langkah untuk mengatasi situasi ini. "

Tveit menyimpulkan: “Penghargaan yang pantas untuk orang-orang yang kehilangan nyawa mereka di ruang sakral perdamaian dan perlindungan adalah agar kita semua menjalani tugas yang sulit untuk menunjukkan, bahwa kekuatan perdamaian dan cinta kasih jauh lebih besar daripada kekuatan kekerasan."

Yesus Kristus, Tuhan kita yang telah bangkit berkata, “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahteraKu Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu (Yohanes 14:27)."

“Semoga kata-kata ini menguatkan mereka pascaserangan ini. Semoga mereka menawarkan kepada kita semua harapan dan penyembuhan.”

Mengutuk serangan itu, Uskup Anglikan Kolombo Rt Rev Dhiloraj Canagasabey, anggota Komite Sentral WCC mengatakan, "Gereja Ceylon tanpa terkecuali mengutuk tindakan terorisme pengecut dan kejam ini, dan menyampaikan belasungkawa mendalam kami kepada keluarga dan teman-teman mereka yang telah kehilangan nyawa dan terluka. Kami berharap semua yang terluka pulih sepenuhnya. Kami berdoa bagi mereka dan keluarga mereka agar kehadiran Tuhan yang menghibur akan terus menyertai mereka melalui pengalaman tragis ini. "

Menyerukan penyelidikan menyeluruh atas insiden-insiden itu untuk membawa para pelaku ke pengadilan, Uskup memohon kepada Pemerintah Sri Lanka, “untuk memastikan keamanan tempat-tempat ibadah keagamaan dan untuk mencegah setiap individu atau kelompok bertindak di luar hukum, atau memprovokasi tindakan intimidasi atau kekerasan terhadap komunitas atau kelompok mana pun.” (oikoumene.org)

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home