Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 20:03 WIB | Rabu, 24 Oktober 2018

WCC Mengutuk Penangkapan Pendeta di Zambia

Ilustrasi. Jemaat Centreville Presbyterian Church berkegiatan di luar ruang. (Foto: Centreville Presbyterian Church)

SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC), Pdt Dr Olav Fykse Tveit, mengutuk penangkapan Pendeta George Chibubi, oleh polisi di Ndola, karena mengatur pertemuan dengan sesama pendeta untuk membahas krisis ekonomi Zambia.

Tveit bergabung dengan warga Zambia dan internasional pendukungnya, mendesak Presiden Edgar Lungu membebaskan Chibubi serta orang lain yang mungkin ditahan.

“Kami mengutuk penangkapan, penahanan, dan pelecehan terhadap pendeta dan orang lain yang berusaha untuk bertemu sebagai bagian dari masyarakat sipil yang membahas, secara demokratis, cara-cara untuk meningkatkan kehidupan orang-orang di Zambia,” kata Tveit, “WCC berdiri dalam solidaritas dengan para pemimpin gereja di Zambia yang berusaha berkomunikasi dengan pemerintah dan rakyat.”

Dugaan bukti kebrutalan polisi di Zambia telah mengkhawatirkan dunia, Tveit menambahkan. “Penindasan dan kebrutalan tidak memiliki tempat dalam menciptakan sebuah perdamaian yang berkelanjutan untuk semua,” katanya.

Chibubi dan pendeta lain berkumpul untuk membahas krisis utang ketika polisi diduga diarahkan untuk menangkap mereka. Pertemuan yang diselenggarakan oleh Pusat Kebijakan dan Pengembangan Perdagangan itu, dihadiri lebih dari 50 pemimpin agama. Pemimpin dari organisasi itu juga telah dipanggil polisi. (oikoumene.org)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home