Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:09 WIB | Jumat, 05 Juni 2020

WCC Serukan Diakhirinya Semua Bentuk Rasisme dan Diskriminasi

Bendera Amerika Serikat. (Foto: oikoumene.org)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Komite eksekutif Dewan Gereja-gereja Dunia (World Council of Churches / WCC) mengeluarkan pernyataan yang menegaskan seruannya untuk mengakhiri semua bentuk rasisme dan diskriminasi ras.

Komite itu menyampaikan dukungannya kepada semua gereja di Amerika Serikat untuk mengupayakan keadilan rasial. Pernyataan itu disampaikan hari Rabu (3/6) terkait kasus kematian George Floyd dan protes anti rasisme yang meluas di AS.

Pernyataan itu juga mendukung banyak gereja anggota WCC yang menyampaikan rasa sakit, kemarahan dan solidaritas dari para pemimpin agama, lembaga-lembaga keagamaan dan gereja-gereja anggota di Amerika Serikat.

Komite itu mengajak, untuk mengambil perhatian pada empat ratus tahun sejarah rasisme di Amerika Serikat, dan masih banyak hal yang harus dilakukan.

Bersama Gereja Episkopal Metodis Afrika, pernyataan itu juga menegaskan bahwa negara-negara yang hancur, sistem perawatan kesehatan dan pendidikan rusak, sistem politik dan ekonomi yang diperintah oleh rasisme, ketidaksetaraan ekonomi, dan praktik luas hak istimewa kulit putih telah membuat orang kulit berwarna di seluruh dunia berada dalam risiko. Bisnis supremasi kulit putih seperti biasa, tidak lagi dapat diterima.

Komite eksekutif WCC juga akan terus memantau perkembangan untuk mengidentifikasi cara mengambil tindakan yang tepat, dalam kerja sama yang erat dengan gereja-gereja anggota dan Dewan Nasional Gereja-gereja Kristus di AS, mengingat gawatnya krisis ini dan kebutuhan mendesak untuk mengatasi akar masalahnya. (oikoumen.org)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home