Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 17:11 WIB | Senin, 21 April 2014

WGM Medina: Hari Kartini Momentum Unjuk Prestasi

Medina Warda Aulia berpose sejenak kepada sejumlah juru warta yang hadir pada pembukaan JAPFA Chess Tournament IX. (Foto: Prasasta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Peringatan Hari Kartini merupakan momentum penting bagi wanita untuk unjuk prestasi. Woman Grand Master (WGM) Medina Warda Aulia mengatakan hal itu kepada satuharapan.com pada Senin (21/4) di Gedung Serba Guna Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Saat ini Hari Kartini, jadi saatnya wanita bangkit,” kata Medina, yang terburu-buru keluar dari ruangan seusai pembukaan Turnamen Japfa Chess International  IX.

Berprestasi memang tidak mudah. Tetapi, menurut Medina, saat ini khusus bagi atlet wanita di cabang apa pun, penting untuk terus berprestasi agar sejajar dengan pria.

Medina sendiri mengatakan saat ini terus belajar, mengasah dan menambah kemampuannya. “Benar-benar saatnya wanita membangkitkan semangatnya untuk bisa lebih baik lagi,” ia menambahkan.

Medina Warda Aulia adalah salah satu peserta Turnamen Japfa Chess International IX yang digelar mulai Senin (21/4) hingga Jumat (25/4) di Gedung Serba Guna, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pada acara pembukaan itu ia hadir dengan mengenakan baju tradisional kebaya berwarna kuning dipadu kain motif batik. Saat hendak naik ke atas panggung dalam pertarungan ekshibisi menghadapi WGM Ticia Gara, salah satu pembawa acara mengatakan Medina sengaja mengenakan busana tradisional untuk memperingati Hari Kartini 21 April.

Hari Kartini

Di Indonesia, Hari Kartini diperingati setiap 21 April karena tanggal tersebut merupakan hari kelahiran pahlawan emansipasi wanita yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah, Raden Ajeng Kartini. Peringatan Hari Kartini ditetapkan pada zaman pemerintahan Presiden Soekarno berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No108 Tahun 1964, Tanggal 2 Mei 1964.

Salah satu isi keputusan tersebut menyebutkan RA Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional dan hari lahir R.A Kartini, tanggal 21 April, diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Medina pada Japfa Chess Tournament IX bermain di nomor catur internasional bersama sejumlah pecatur asing, yakni GM Sergey Tiviakov (Belanda, rating 2651), GM Suat Atalik (Turki 2562), IM Nguyen Huynh Minh Huy (Vietnam 2474), IM Kirill Kuderinov (Kazakhstan 2448), dan IM Rolando Nolte (Filipina 2417).

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home