Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 19:16 WIB | Kamis, 18 Oktober 2018

WhatsApp Siapkan Fitur Baru Modus Silent-Vacation

Ilustrasi. Logo WhatsApp. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - WhatsApp dikabarkan sedang menyiapkan sejumlah fitur baru agar mereka lebih kompetitif di antara aplikasi mengobrol yang beredar di pasaran, antara lain modus Silent dan Vacation.

Laman Phone Arena melaporkan, Silent Mode tersedia di beberapa perangkat Android mulai hari ini. Jika mengaktifkan fitur ini, pengguna tidak akan melihat logo aplikasi untuk obrolan yang dibisukan atau “mute”.

Fitur baru lainnya, Vacation atau liburan sedang dikembangkan dan dibuat berdasarkan modus Silent. Modus Vacation akan mencegah obrolan yang diarsipkan untuk aktif ketika mendapatkan pesan baru.

WhatsApp juga menyiapkan fitur Linked Accounts agar pengguna dapat menyambungkan akun Instagram ke aplikasi obrolan ini, namun, sejauh ini belum diketahui apa manfaat menyambungkan kedua akun tersebut.

Laman tersebut memperkirakan menyambungkan akun ke WhatsApp akan dapat dipakai untuk recover, masuk kembali ke akun setelah misalnya gagal masuk atau salah memasukkan kata kunci.

Fitur-fitur baru ini diperkirakan akan ada di perangkat Android maupun iOS, begitu juga dengan versi desktop.

Keluhkan Pesan Lama Terhapus

Sebelumnya banyak laporan dari pengguna WhatsApp muncul belakangan ini yang mengeluhkan bahwa pesan lama mereka terhapus atau menghilang dengan sendirinya hari demi hari.

Pesan WhatsApp lama yang menghilang itu dikeluhkan oleh banyak pengguna di forum xdadevelopers, dan sebagian besar dari mereka menyanyakan kapan keanehan ini mulai terjadi dan bagaimana solusinya untuk memulihkan pesan-pesan mereka.

"Saya mulai untuk realistis bahwa obrolan (chats) lama saya menghilang," kata anggota forum bernama akun adya, dikutip Selasa (16/10).

Obrolan terlama yang pertama hilang dan hari demi hari menghilang satu demi satu secara kronologis. "Saya sudah memasang ulang (reinstall) dan login ulang tapi itu tetap sama," jelasnya.

Pengguna lainnya di forum itu juga mengeluhkan hal yang sama. "Saya mendapatkan masalah yang sama...obrolan lama WhatsApp menghilang hari demi hari," terang pemilik akun JOE149.

Ia pun kemudian mengecek manajemen penyimpanan pada smartphone-nya, dan menemukan bahwa total jumlah pesan berkurang hari demi hari. Ia menyontohkan bahwa rekaman obrolan ia dan salah satu temannya semula 3000 chats, setelah beberapa hari berkurang sendiri menjadi 2980.

"Saya kemudian mengecek lebih dalam, obrolan lama kami pada 2014. Itu tidak ada dan tetap menghilang....tolong bantu," kata JOE149 menambahkan.

Beberapa pengguna mengeluhkan sudah mengalami masalah itu dalam dua bulan terakhir. Tanpa ada yang bisa menjelaskan kenapa? Beberapa pengguna hanya menyarankan agar selalu membuat backup di Google Drive atau yang lain sehingga pesan-pesan yang menghilang bisa dipulihkan (restore).

Belum ada penjelasan dari WhatsApp sejauh ini mengenai apa yang menyebabkan pesan-pesan itu menghilang dengan sendirinya. Apakah ini pembatasan kapasitas penyimpanan cloud oleh WhatsApp? Atau ada anti virus yang menghapus secara otomatis tanpa disadari pengguna, belum ada yang memastikan. (Antara)

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home