Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:30 WIB | Sabtu, 10 September 2016

WHO Imbau Asia untuk Lindungi Diri dari Zika

Tim kesehatan memperlihatkan tabung berisi larva nyamuk yang mereka kumpulkan selama inspeksi zika di Singapura, (5/9). (Foto: voaindonesia.com)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Sebuah laporan di jurnal The Lancet Infectious Diseases mengidentifikasi India, Tiongkok, Filipina, Thailand, dan Indonesia sebagai negara berisiko tinggi virus zika.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah meningkatkan peringatan untuk Asia Tenggara agar siaga terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh virus zika yang dibawa nyamuk, di tengah memuncaknya kekhawatiran akan dampaknya bagi penduduk setempat.

Roderico Ofrin, direktur program darurat WHO untuk Asia Tenggara, mengatakan negara-negara itu perlu menerapkan "pengawasan dan sistem pelaporan yang efektif" untuk memantau penyebaran penyakit.

Ofrin mengemukakan, strategi itu menekankan pentingnya meningkatkan pengendalian vektor, memperkuat pengawasan virus zika dan kelahiran cacat, menambah kapasitas laboratorium dan memperkuat komunikasi risiko dan keterlibatan masyarakat.

Amerika Selatan telah menanggung beban yang parah, terutama Brasil. Ratusan kasus mikrosefali telah dikonfirmasi sejak wabah virus zika merebak pada tahun 2015.

Sebuah laporan di jurnal The Lancet Infectious Diseases mengidentifikasi India, Tiongkok , Filipina, Thailand, dan Indonesia sebagai negara berisiko tinggi, sedangkan di Sub-Sahara Afrika, Angola telah menghadapi peningkatan risiko karena ikatan sejarah dengan Brasil.

Singapura telah melaporkan lebih dari 240 kasus zika, sementara Malaysia dan Thailand juga telah melaporkan infeksi tersebut. Peringatan perjalanan juga telah dikeluarkan oleh Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Taiwan, terutama untuk ibu hamil, agar tidak melakukan perjalanan yang tidak penting. (voaindonesia.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home