Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:09 WIB | Kamis, 15 Juli 2021

WHO: Kasus Kematian Akibat COVID-19 Naik Lagi

Dalam sepekan lebih dari 55.000 nyawa menjadi korban COVID-19.
WHO: Kasus Kematian Akibat COVID-19 Naik Lagi
Seorang petugas kesehatan memberikan dosis vaksin AstraZeneca COVID-19 kepada seorang perempuan di Pusat Vaksinasi Pusat di Bangkok, Thailand, hari Rabu (14/7). (Foto: AP/Sakchai Lalit)
WHO: Kasus Kematian Akibat COVID-19 Naik Lagi
Pekerja dengan alat pelindung menurunkan peti mati korban COVID-19 ke kuburan untuk dimakamkan di Pemakaman Cipenjo Bogor, Jawa Barat, hari Rabu (14/7). (Foto: AP/Achmad Ibrahim)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Jumlah kematian dan kasus COVID-19 meningkat lagi secara global yang menandai kemunduran yang mengecewakan dan memicu pembatasan kembali di berbagai negara, serta meredam harapan untuk kembali ke kehidupan normal.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Rabu (14/7) melaporkan bahwa angka kematian naik pekan lalu setelah sembilan pekan berturut-turut angkanya menurun. WHOI mencatat lebih dari 55.000 nyawa hilang, meningkat 3% dari pekan sebelumnya.

Kasus naik 10% pekan lalu menjadikan korban meninggal akibat COVID-19 menjadi hampir tiga juta, dengan jumlah tertinggi tercatat di Brasil, India, Indonesia dan Inggris, kata WHO.

Pembalikan ini telah dikaitkan dengan tingkat vaksinasi yang rendah, pelonggaran aturan memakai masker dan tindakan pencegahan lainnya. Ini juga akibat penyebaran cepat varian delta yang lebih menular, yang menurut WHO kini telah diidentifikasi di 111 negara dan diperkirakan akan menjadi dominan secara global di dunia pada bulan-bulan mendatang.

Sarah McCool, seorang profesor kesehatan masyarakat di Georgia State University, mengatakan kombinasi tersebut merupakan "resep untuk bahan bakar yang potensial" menaikkan kasus COVID-19. “Penting bagi kita untuk menyadari bahwa COVID-19 memiliki potensi wabah eksplosif,” kata Dr. David Dowdy, spesialis penyakit menular di Universitas Johns Hopkins memperingatkan.

Di tengah lonjakan itu, jumlah korban tewas di Argentina yang terpukul parah melampaui 100.000. Kematian akibat virus corona harian di Rusia mencapai rekor tertinggi pekan ini. Di Belgia, infeksi COVID-19, didorong oleh varian delta di kalangan anak muda, hampir dua kali lipat selama sepekan terakhir. Inggris mencatat total satu hari lebih dari 40.000 kasus baru untuk pertama kalinya dalam enam bulan.

Di Myanmar, krematorium bekerja dari pagi hingga malam. Di Indonesia, yang mencatat hampir 1.000 kematian dan lebih dari 54.000 kasus baru pada hari Rabu, naik dari sekitar 8.000 kasus per hari sebulan yang lalu.

Warga di Jakarta dan sekitarnya menjadi relawan menggali kubur. “Karena para penggali terlalu lelah dan tidak memiliki cukup sumber daya untuk menggali, warga di lingkungan saya memutuskan untuk membantu,” kata Jaya Abidin. “Karena jika kita tidak melakukan ini, kita harus menunggu lama untuk pemakaman.”

Di Amerika Serikat, dengan salah satu tingkat vaksinasi tertinggi di dunia, infeksi yang baru dikonfirmasi per hari telah berlipat ganda selama dua pekan terakhir menjadi rata-rata sekitar 24.000, meskipun kematian masih menurun sekitar 260 per hari.

Los Angeles County, county terpadat di AS, melaporkan hari kelima berturut-turut pada hari  Selasa lebih dari 1.000 kasus baru.

Tokyo berada di bawah keadaan darurat keempat menjelang Olimpiade Musim Panas bulan ini, dengan infeksi naik dengan cepat dan tempat tidur rumah sakit banyak yang terisi. Para ahli mengatakan beban kasus bisa meningkat di atas 1.000 sebelum Olimpiade dan berlipat ganda menjadi ribuan selama pertandingan.

Lonjakan telah menyebabkan pembatasan tambahan di tempat-tempat seperti Sydney, Australia, di mana lima juta penduduk akan tetap terkunci hingga setidaknya akhir Juli, dua pekan lebih lama dari yang direncanakan. Korea Selatan telah menempatkan wilayah Seoul di bawah aturan jarak terberatnya karena tingkat rekor kasus.

Beberapa bagian Spanyol, termasuk Barcelona, ​​​​bergerak untuk memberlakukan jam malam. Walikota London, Sadiq Khan, mengatakan masker akan diperlukan di bus dan kereta api, bahkan setelah pembatasan lain di Inggris dicabut pekan depan. Italia memperingatkan semua orang yang pergi ke luar negeri harus dikarantina sebelum kembali ke rumah.

Chicago mengumumkan bahwa pelancong yang tidak divaksinasi dari Missouri dan Arkansas harus dikarantina selama 10 hari atau memiliki tes COVID-19 yang negatif.

Anggota parlemen Connecticut pada hari Rabu memilih untuk kembali memperpanjang deklarasi darurat Gubernur Demokrat, Ned Lamont, meskipun ada penolakan dari Partai Republik dan beberapa Demokrat yang berpendapat sudah waktunya untuk kembali normal.

Sebuah pangkalan militer di Alabama telah memerintahkan pasukan untuk menunjukkan bukti vaksinasi sebelum mereka dapat pergi tanpa masker, karena negara bagian itu melihat peningkatan dalam kasus COVID-19, peningkatan yang dikaitkan dengan tingkat vaksinasi yang rendah. Langkah itu diberlakukan hari Selasa di Fort Rucker, rumah bagi program penerbangan Angkatan Darat.

Meskipun angka-angka di seluruh dunia meresahkan, angka-angka itu masih jauh di bawah angka yang mengkhawatirkan yang terlihat awal tahun ini.

Tujuh bulan dalam upaya vaksinasi, kematian global turun menjadi sekitar 7.900 sehari, setelah mencapai lebih dari 18.000 sehari pada bulan Januari, menurut data Johns Hopkins. Kasus berjalan sekitar 450.000 sehari, turun setengahnya sejak puncaknya pada akhir April.

WHO mengakui bahwa banyak negara sekarang menghadapi "tekanan besar" untuk mencabut semua tindakan pencegahan yang tersisa, tetapi memperingatkan bahwa gagal dalam melakukannya dengan cara yang benar hanya akan memberi virus lebih banyak kesempatan untuk menyebar.

Tekanan meningkat di seluruh dunia untuk meningkatkan tingkat vaksinasi untuk melawan kenaikan kasus. “Jika Anda menunggu, jika Anda berada di pagar, daftar dan dapatkan suntikan itu sesegera mungkin,” Komisaris Kesehatan Kota New York, Dr. Dave Chokshi memohon.

Aktris dan penyanyi berusia delapan belas tahun Olivia Rodrigo muncul di Gedung Putih pada hari Rabu sebagai bagian dari upaya Presiden Joe Biden untuk membujuk lebih banyak orang muda mau menerima vaksinasi. Mendapatkan vaksinasi adalah sesuatu yang “dapat Anda lakukan dengan lebih mudah daripada sebelumnya,” dia berkata.

Sementara hampir 160 juta orang Amerika telah sepenuhnya divaksinasi, atau lebih dari 55% dari populasi, orang dewasa muda menunjukkan kurangnya minat. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home