Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:01 WIB | Kamis, 23 September 2021

WHO Keluarkan Pedoman Kualitas Udara Baru

Polusi udara akibat pembakaran dari bahan bakar fosil. (Foto: dok. Ist)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Rabu (22/9) mengeluarkan pedoman kualitas udara pertamanya sejak 2005, yang bertujuan untuk mengurangi kematian akibat polutan utama yang menyebabkan penyakit kardiovaskular dan pernapasan dengan beralih ke sumber energi bersih.

Badan kesehatan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) itu, dengan saran kepada 194 negara anggotanya, memangkas tingkat maksimum yang direkomendasikan untuk beberapa polutan, termasuk partikel dan nitrogen dioksida, yang keduanya ditemukan dalam emisi bahan bakar fosil.

Sejak 2005, “banyak bukti baru yang substansial telah terakumulasi, yang selanjutnya menunjukkan sejauh mana polusi udara mempengaruhi semua bagian tubuh dari otak hingga bayi yang sedang tumbuh dalam rahim ibu pada konsentrasi yang bahkan lebih rendah daripada yang diamati sebelumnya,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada konferensi pers.

Tedros mendesak pemerintah untuk memangkas emisi dan mengatasi perubahan iklim, mencatat bahwa pedoman itu datang pada “waktu yang penting” menjelang konferensi perubahan iklim COP26 di Glasgow yang dimulai pada 31 Oktober.

María Neira, direktur lingkungan, perubahan iklim dan kesehatan WHO, mengatakan pedoman itu tentang mempercepat transisi yang sangat dibutuhkan “ke sumber energi terbarukan dan bersih.”

Paparan jangka panjang terhadap konsentrasi polusi udara ambien dan rumah tangga yang lebih rendah dapat menyebabkan penyakit termasuk kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke, yang mengakibatkan sekitar tujuh juta kematian dini setiap tahun, menurut WHO.

"Ini menempatkan beban penyakit yang disebabkan oleh polusi udara setara dengan risiko kesehatan global utama lainnya seperti pola makan yang tidak sehat dan merokok tembakau," katanya.

Orang-orang yang tinggal di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah paling terpukul akibat urbanisasi dan pembangunan ekonomi yang sangat bergantung pada pembakaran bahan bakar fosil.

Mengurangi paparan materi partikulat (PM), yang mampu menembus jauh ke dalam paru-paru dan memasuki aliran darah, adalah prioritas, kata WHO. Ini terutama dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar di sektor-sektor termasuk transportasi, energi, rumah tangga, industri, dan dari pertanian.

WHO mengurangi separuh batas yang direkomendasikan untuk tingkat PM2.5 tahunan rata-rata dari 10 mikrogram per meter kubik menjadi lima. Ini juga menurunkan batas yang disarankan untuk PM10 dari 20 mikrogram menjadi 15.

“Hampir 80 persen kematian yang terkait dengan PM2.5 dapat dihindari di dunia jika tingkat polusi udara saat ini dikurangi seperti yang diusulkan dalam pedoman yang diperbarui,” katanya, mengacu pada partikel berdiameter 2,5 mikron.

Tingkat PM2.5 rata-rata di China pada paruh pertama tahun ini adalah 34 mikrogram per meter kubik. Untuk Beijing, levelnya adalah 41, sama seperti tahun lalu.

“Yang paling penting adalah apakah pemerintah menerapkan kebijakan yang berdampak untuk mengurangi emisi polutan, seperti mengakhiri investasi di batu bara, minyak dan gas dan memprioritaskan transisi ke energi bersih,” kata Dr. Aidan Farrow, ilmuwan polusi udara internasional di Greenpeace yang berbasis di Universitas Exeter, Inggris.

"Kegagalan untuk memenuhi pedoman WHO yang keluar tidak boleh terulang," katanya dalam sebuah pernyataan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home