Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:37 WIB | Jumat, 30 Oktober 2020

WHO Peringatkan: 10 Juta Kasus COVID-19 di Eropa

Penduduk pulang ke rumah di Bayonne, barat daya Prancis, pada hari Senin sebelum jam malam diberlakukan sebagai bagian dari langkah-langkah yang bertujuan untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19, yang disebabkan oleh virus corona baru. (Foto: AFP )

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa mengatakan bahwa 54 negara di wilayah itu kembali mencapai rekor mingguan baru untuk kasus yang dikonfirmasi, dengan lebih dari 1,5 juta dikonfirmasi pekan lalu dan lebih dari 10 juta sejak dimulainya pandemi.

Selama pertemuan dengan menteri kesehatan Eropa, direktur regional Eropa WHO. Dr. Hans Kluge, mengatakan, “rawat inap telah meningkat ke tingkat yang tidak terlihat sejak musim semi '' dan kematian telah meningkat lebih dari 30% dalam sepekan terakhir.

“Eropa sekali lagi menjadi episentrum pandemi ini,'' kata Kluge. “Dengan risiko yang mengkhawatirkan, saya harus mengungkapkan keprihatinan kami yang sangat nyata.''

Sistem pengujian tidak dapat mengimbangi tingkat transmisi yang meluas, dan “tingkat positif tes telah mencapai level tertinggi baru,'' dengan sebagian besar negara Eropa melebihi 5% dan banyak kasus menyebar tanpa diperiksa, katanya.

Setelah Prancis dan Jerman menyetujui pembatasan baru dengan harapan membalikkan tren, Kluge menyebut penguncian nasional sebagai “pilihan terakhir,'' mengutip kerusakan besar pada ekonomi yang ditimbulkan oleh tindakan tersebut, juga dampak pada kesehatan mental masyarakat, dan insiden kekerasan dalam rumah tangga.

Dia mengatakan penguncian harus memberi negara kesempatan untuk “memulihkan dan meningkatkan'' sehingga mereka secara teoritis dapat memperkuat sistem kesehatan mereka dan program pelacakan kontak untuk dengan cepat mengidentifikasi dan membasmi kelompok baru.

Tetapi banyak negara di Eropa seperti Inggris, gagal melakukannya. Terlepas dari penguncian nasional Inggris awal tahun ini, sistem pelacakan kontak negara itu tetap tidak dapat melacak persentase yang signifikan dari kontak individu yang terinfeksi. Banyak kontak juga menolak untuk karantina.

Tidak Patuh

Kluge juga mendesak para politisi untuk dipimpin oleh data ilmiah dalam respons wabah mereka. Pemerintah Inggris menentang saran dari penasihat ilmiahnya untuk menerapkan penguncian nasional pada bulan September, alih-alih mengejar strategi pembatasan lokal yang sejauh ini berdampak kecil dalam mengekang kebangkitan virus.

Ilmuwan Inggris memperkirakan bahwa ada sekitar 96.000 infeksi baru setiap hari dan epidemi itu berlipat ganda setiap sembilan hari.

Di Prancis, pejabat memotong periode karantina wajib dari 14 hari menjadi tujuh hari, beralasan bahwa kebanyakan orang tetap tidak patuh, meskipun tidak ada dasar ilmiah untuk perubahan pedoman.

Kluge mengatakan jika negara-negara memutuskan untuk memberlakukan lockdown baru, sebagian besar sekolah harus dibebaskan. “Kami juga yakin anak-anak dan remaja tidak dianggap sebagai pendorong utama penularan COVID-19,'' ujarnya.

Dia mengatakan data dari Institute of Health Metrics and Evaluation di University of Washington memperkirakan bahwa tingkat kepatuhan 95% untuk memakai masker dapat menyelamatkan lebih dari 265.000 nyawa di seluruh Eropa pada 1 Februari.

Dia memperingatkan bahwa perhatian terbesar negara pada saat ini seharusnya adalah petugas kesehatan mereka.

Sementara pada bulan Maret, faktor pembatas kritis adalah unit perawatan intensif, ventilator dan alat pelindung diri, hari ini satu-satunya masalah yang menjadi perhatian terbesar adalah tenaga kesehatan,'' katanya.

Dia memperingatkan bahwa dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya seperti ''terbakar.'' (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home