Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:53 WIB | Jumat, 06 Mei 2022

WHO Perkirakan 15 Juta Orang Meninggal Terkait COVID-19

Sebuah papan mengiklankan vaksin gratis dengan vaksinasi Pfizer COVID-19 untuk anggota komunitas 12 tahun ke atas, 19 Mei 2021, di sebuah klinik yang diadakan oleh Community of Hope, di Washington, AS. (Foto: dok. AP/Jacquelyn Martin)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa hampir 15 juta orang terbunuh baik oleh virus corona atau oleh dampaknya pada sistem kesehatan yang kewalahan dalam dua tahun terakhir, lebih dari dua kali lipat jumlah kematian resmi yang dilaporkan sebanyak enam juta.

Sebagian besar korban tewas berada di Asia Tenggara, Eropa dan Amerika.

Dalam sebuah laporan hari Kamis (5/5), kepala badan kesehatan PBB itu, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menggambarkan angka yang dikeluarkan itu dengan "sadar," mengatakan itu harus mendorong negara-negara untuk berinvestasi lebih banyak dalam kapasitas mereka untuk mengatasi keadaan darurat kesehatan di masa depan.

Para ilmuwan yang ditugaskan oleh WHO untuk menghitung jumlah sebenarnya kematian COVID-19 antara Januari 2020 dan akhir tahun lalu memperkirakan ada antara 13,3 juta dan 16,6 juta kematian yang disebabkan langsung oleh virus corona atau entah bagaimana dikaitkan dengan dampak pandemi pada sistem kesehatan, seperti penderita kanker yang tidak dapat mencari pengobatan ketika rumah sakit penuh dengan pasien COVID-19.

Angka-angka ini didasarkan pada data yang dilaporkan negara dan pemodelan statistik tetapi hanya sekitar setengah dari negara yang memberikan informasi.

WHO mengatakan belum dapat merinci angka untuk membedakan antara kematian langsung akibat COVID-19 dan lainnya yang disebabkan oleh pandemi, tetapi mengatakan proyek masa depan yang memeriksa surat keterangan kematian akan menyelidiki hal ini.

“Ini mungkin tampak seperti latihan menghitung kacang, tetapi memiliki angka bagi WHO ini sangat penting untuk memahami bagaimana kita harus memerangi pandemi di masa depan dan terus menanggapinya,” kata Albert Ko, spesialis penyakit menular di Yale School of Kesehatan Masyarakat yang tidak terkait dengan penelitian WHO.

Misalnya, kata Ko, keputusan Korea Selatan untuk berinvestasi besar-besaran dalam kesehatan masyarakat setelah mengalami wabah MERS yang parah memungkinkannya untuk keluar dari COVID-19 dengan tingkat kematian per kapita sekitar sepersepuluh dari Amerika Serikat.

Angka akurat tentang kematian COVID-19 telah menjadi masalah selama pandemi, karena angka tersebut hanya sebagian kecil dari kehancuran yang ditimbulkan oleh virus, sebagian besar karena pengujian terbatas dan perbedaan dalam cara negara menghitung kematian akibat COVID-19.

Menurut angka pemerintah yang dilaporkan ke WHO dan hitungan terpisah yang disimpan oleh Universitas Johns Hopkins, ada lebih dari enam juta kematian akibat virus corona yang dilaporkan hingga saat ini.

Para ilmuwan di Institute of Health Metrics and Evaluation di University of Washington menduga ada lebih dari 18 juta kematian akibat COVID-19 dari Januari 2020 hingga Desember 2021 dalam sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Lancet, dan tim yang dipimpin oleh para peneliti Kanada memperkirakan ada ada lebih dari tiga juta kematian akibat virus corona yang tak terhitung di India saja.

Analisis baru WHO memperkirakan ada lebih dari empat juta kematian yang tidak terjawab di India, berkisar antara 3,3 juta hingga 6,5 ​​juta.

Beberapa negara, termasuk India, telah memperdebatkan metodologi WHO untuk menghitung kematian akibat COVID-19, menolak gagasan bahwa ada lebih banyak kematian daripada yang dihitung secara resmi.

Awal pekan ini, pemerintah India merilis angka baru yang menunjukkan ada 474.806 kematian lebih banyak pada tahun 2020 dibandingkan tahun sebelumnya, tetapi tidak mengatakan berapa banyak yang terkait dengan pandemi.

India tidak merilis perkiraan kematian untuk tahun 2021, ketika varian Delta yang sangat menular menyapu negara itu, menewaskan ribuan orang.

Ko mengatakan angka yang lebih baik dari WHO mungkin juga menjelaskan beberapa misteri yang masih ada tentang pandemi, seperti mengapa Afrika tampaknya menjadi salah satu yang paling sedikit terkena virus, meskipun tingkat vaksinasinya rendah.

“Apakah angka kematian begitu rendah karena kita tidak dapat menghitung kematian atau adakah faktor lain yang menjelaskan hal itu?” katanya, menambahkan bahwa jumlah kematian di negara-negara kaya seperti Inggris dan AS membuktikan bahwa sumber daya saja tidak cukup untuk menahan wabah global.

Bharat Pankhania, seorang spesialis kesehatan masyarakat di Universitas Exeter Inggris, mengatakan dunia mungkin tidak akan pernah mendekati jumlah sebenarnya dari COVID-19, terutama di negara-negara miskin.

“Ketika Anda menghadapi wabah besar di mana orang mati di jalanan karena kekurangan oksigen, mayat ditinggalkan atau orang harus dikremasi dengan cepat karena kepercayaan budaya, kita akhirnya tidak pernah tahu berapa banyak orang yang meninggal,” jelasnya.

Meskipun Pankhania mengatakan perkiraan jumlah kematian akibat COVID-19 masih sedikit dibandingkan dengan pandemi flu Spanyol 1918, ketika para ahli memperkirakan hingga 100 juta orang meninggal, dia mengatakan fakta bahwa begitu banyak orang meninggal meskipun ada kemajuan pengobatan modern, termasuk vaksin, memalukan.

Dia juga memperingatkan biaya COVID-19 bisa jauh lebih merusak pada jangka panjang, mengingat meningkatnya beban merawat orang dengan COVID-19 jangka panjang.

“Dengan flu Spanyol, ada flu dan kemudian ada beberapa penyakit (paru-paru) yang diderita orang, tetapi itu saja,” katanya. “Tidak ada kondisi imunologis yang bertahan lama seperti yang kita lihat sekarang dengan COVID-19.”

“Kami tidak tahu sampai sejauh mana orang dengan COVID-19 jangka panjang hidup mereka akan dipersingkat dan apakah mereka akan mengalami infeksi berulang yang akan menyebabkan lebih banyak masalah bagi mereka,” kata Pankhania. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home