Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 07:55 WIB | Sabtu, 26 Maret 2022

WHO: Rusia Lakukan 64 Serangan ke Fasilitas Kesehatan

Pasien anak-anak yang sedang menjalani perawatan duduk di kursi yang dipindahkan ke lorong lantai basement Rumah Sakit Anak Okhmadet di Kiev, Ukraina 28 Februari 2022. (Foto: dok. Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Invasi Rusia ke Ukraina telah mengakibatkan setidaknya 64 serangan terhadap fasilitas kesehatan di Ukraina, rata-rata antara dua hingga tiga serangan per hari pada 22 Maret (hari ke-25 invasi), kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan dalam sebuah pernyataan hari Kamis (24/3) pagi di mana badan  itu mengutuk serangan ini dalam "istilah sekuat mungkin."

Invasi Rusia telah berdampak buruk pada sistem kesehatan negara itu, menghancurkan infrastruktur kesehatan dan mengganggu rantai pasokan medis.

“Serangan terhadap perawatan kesehatan adalah pelanggaran hukum humaniter internasional, taktik perang yang mengganggu, mereka menghancurkan infrastruktur penting, tetapi lebih buruk lagi, mereka menghancurkan harapan,” kata perwakilan WHO Ukraina, Dr. Jarno Habicht, dalam sebuah pernyataan.

“Mereka merampas perawatan orang-orang yang sudah rentan yang seringkali menjadi perbedaan antara hidup dan mati. Perawatan kesehatan bukan, dan tidak boleh, menjadi target,” tambahnya.

Satu bulan dalam perang Ukraina, hampir empat juta orang telah melarikan diri ke negara-negara tetangga, yang berarti bahwa satu dari empat orang Ukraina telah dipindahkan secara paksa, memperburuk kondisi mereka yang menderita penyakit tidak menular. Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), satu dari tiga pengungsi internal menderita kondisi kesehatan kronis.

Kondisi Kesehatan Kronis

Beberapa rumah sakit telah diubah fungsinya untuk merawat yang terluka. Pergeseran ini, meski perlu, terjadi dengan mengorbankan perawatan kesehatan primer dan layanan penting.

Sekitar setengah dari apotek di negara itu diperkirakan ditutup, kata WHO, seraya menambahkan bahwa banyak petugas kesehatan mengungsi atau tidak dapat bekerja.

Selain itu, hampir 1.000 fasilitas kesehatan berada di sekitar garis konflik atau berada di daerah yang terkepung. Akibatnya, akses fasilitas terhadap obat-obatan, tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan menjadi terbatas sehingga pengobatan untuk pasien dengan kondisi kesehatan kronis hampir terhenti total.

Lebih dari 20 tim medis darurat telah dikerahkan oleh WHO ke Ukraina, Polandia dan Moldova, untuk memberikan pelatihan dan perawatan medis khusus untuk melengkapi layanan yang ada di negara-negara tersebut.

WHO di Ukraina

Pada hari pertama perang, 24 Februari, WHO mengaktifkan rencana daruratnya yang melibatkan penempatan kembali staf dan proyek dan mengalihkan fokusnya ke kebutuhan darurat untuk

“WHO bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan otoritas Ukraina untuk mengidentifikasi kesenjangan dan kebutuhan dalam sistem kesehatan negara itu, dan dengan cepat meresponsnya,” bunyi pernyataan itu.

“WHO telah membuka pusat operasi di Rzeszow di Polandia, mengembangkan saluran pasokan trauma ke sebagian besar kota Ukraina, dan mengirim lebih dari 100 metrik ton peralatan medis melintasi perbatasan, ke fasilitas kesehatan di seluruh negeri.”

Saat ini, sekitar 36 metrik ton pasokan sedang dalam perjalanan ke kota Lviv di Ukraina, dengan tambahan al 108 metrik ton dalam perjalanan, terdiri dari pasokan trauma, obat-obatan pediatrik, obat untuk penyakit kronis dan pasokan transfusi darah, WHO mengungkapkan.

“Saya telah melihat dengan mata kepala sendiri tanggapan kemanusiaan yang luar biasa di negara-negara tetangga, tetapi keadaan darurat ini masih jauh dari selesai. Kami mengharapkan lebih banyak orang, terutama perempuan, anak-anak dan orang tua, dengan kebutuhan kesehatan yang lebih besar untuk mengungsi dalam beberapa minggu mendatang. Mereka mungkin menghadapi tantangan dalam mengakses layanan dan obat-obatan yang mereka butuhkan, dan ini dapat memiliki konsekuensi yang mengancam jiwa,” kata Direktur Regional WHO untuk Eropa, Dr. Hans Henri P. Kluge.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home