Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:49 WIB | Sabtu, 25 Juli 2020

WHO: Selain Cepat Mendapat Vaksin COVID, Kemanjuran dan Kemanan Tetap Yang Terpenting

Ilmuwan bekerja di Cobra Biologics untuk vaksin potensial COVID-19, setelah berjangkitnya penyakit akibat virus corona (COVID-19), di Keele, Inggris, 30 April 2020. (Foto: dok. Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa kemungkinan regulator negara-negara akan mempercepat persetujuan vaksi potensi setelah uji coba, namun kemajuran dan keamanan harus tetap yang terpenting, selain cepat-cepat mendapat vaksin.

Regulator yang biasanya bekerja di negara atau wilayah mereka sendiri kemungkinan akan menyelaraskan upaya bagi vaksin COVID-19 potensial untuk mempercepat persetujuan mereka begitu tersedia, kata kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Soumya Swaminathan, hari Jumat (24/7).

Swaminathan, menjawab pertanyaan di platform media sosial, juga mengatakan pengujian vaksin untuk keamanan dan kemanjurannya, biasanya merupakan proses bertahun-tahun. Hal itu dapat dipercepat menjadi hanya enam bulan di tengah pandemi, jika data cukup memuaskan regulator bahwa mereka memiliki cukup informasi untuk dikeluarkannya persetujuan.

Meski begitu, katanya, keselamatan akan tetap menjadi yang terpenting. "Sementara kecepatan (menemukan dan menyetujui vaksi) penting, itu tidak bisa mengorbankan keselamatan atau standar kemanjuran yang ditetapkan sendiri," katanya.

"Ini bukan kasus bahwa vaksin pertama akan dibawa ke dalam program menyuntikkan jutaan orang tanpa menetapkan fakta apakah itu benar-benar melindungi Anda,  dan apakah itu cukup aman untuk digunakan dalam populasi besar." (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home