Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:30 WIB | Rabu, 27 Juli 2022

WHO Umumkan Keadaan Darurat Global Cacar Monyet

Gambar tahun 1997 ini disediakan oleh CDC selama penyelidikan wabah cacar monyet, yang terjadi di Republik Demokratik Kongo (DRC), sebelumnya Zaire, dan menggambarkan permukaan punggung tangan pasien kasus cacar monyet, yang menunjukkan munculnya ruam khas selama tahap penyembuhannya. (Foto: dok. CDC via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, meluasnya wabah cacar monyet (monkeypox) di lebih dari 70 negara adalah situasi “luar biasa” yang sekarang memenuhi syarat sebagai keadaan darurat global, sebuah deklarasi pada hari Sabtu (23/7) yang dapat memacu investasi lebih lanjut dalam mengobati penyakit yang dulu langka dan memperburuk perebutan vaksin yang langka.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, membuat keputusan untuk mengeluarkan deklarasi meskipun kurangnya konsensus di antara para ahli yang bertugas di komite darurat badan kesehatan PBB. Ini adalah pertama kalinya kepala badan kesehatan PBB mengambil tindakan seperti itu.

“Kami memiliki wabah yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat melalui mode penularan baru yang kami pahami terlalu sedikit, dan yang memenuhi kriteria dalam peraturan kesehatan internasional,” kata Tedros.

“Saya tahu ini bukan proses yang mudah atau langsung dan ada perbedaan pandangan di antara para anggota” komite, tambahnya.

Keadaan darurat global adalah tingkat kewaspadaan tertinggi WHO, tetapi penunjukan itu tidak berarti suatu penyakit sangat menular atau mematikan. Kepala kedaruratan WHO, Dr. Michael Ryan, mengatakan direktur jenderal membuat keputusan untuk memasukkan cacar monyet ke dalam kategori itu untuk bertahan. Komunitas gobal menganggap serius wabah saat ini.

Meskipun cacar monyet telah ditemukan di beberapa bagian Afrika tengah dan barat selama beberapa dekade, cacar monyet tidak diketahui memicu wabah besar di luar benua atau menyebar luas di antara orang-orang hingga bulan Mei, ketika pihak berwenang mendeteksi lusinan epidemi di Eropa, Amerika Utara, dan tempat lain.

Peristiwa Luar Biasa Perlu Respons Global

Mendeklarasikan keadaan darurat global berarti wabah cacar monyet adalah "peristiwa luar biasa" yang dapat menyebar ke lebih banyak negara dan membutuhkan respons global yang terkoordinasi. WHO sebelumnya menyatakan keadaan darurat untuk krisis kesehatan masyarakat seperti pandemi COVID-19, wabah Ebola Afrika Barat 2014, virus Zika di Amerika Latin pada 2016 dan upaya berkelanjutan untuk memberantas polio.

Deklarasi darurat sebagian besar berfungsi sebagai permohonan untuk menarik lebih banyak sumber daya global dan perhatian terhadap wabah. Pengumuman sebelumnya memiliki dampak yang beragam, mengingat bahwa badan kesehatan PBB sebagian besar tidak berdaya dalam membuat negara-negara untuk bertindak.

Bulan lalu, komite ahli WHO mengatakan wabah cacar monyet di seluruh dunia belum menjadi keadaan darurat internasional, tetapi panel bersidang pekan ini untuk mengevaluasi kembali situasinya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, lebih dari 16.000 kasus cacar monyet telah dilaporkan di 74 negara sejak sekitar Mei. Sampai saat ini, kematian cacar monyet hanya dilaporkan di Afrika, di mana versi virus yang lebih berbahaya menyebar, terutama di Nigeria dan Kongo.

Di Afrika, cacar monyet terutama menyebar ke orang-orang dari hewan liar yang terinfeksi seperti hewan pengerat, dalam wabah terbatas yang biasanya tidak melintasi perbatasan. Namun, di Eropa, Amerika Utara dan di tempat lain, cacar monyet menyebar di antara orang-orang yang tidak memiliki hubungan dengan hewan atau baru-baru ini bepergian ke Afrika.

Pakar cacar monyet dari WHO, Dr. Rosamund Lewis, mengatakan pekan ini bahwa 99% dari semua kasus cacar monyet di luar Afrika terjadi pada pria dan dari jumlah tersebut, 98% melibatkan pria yang berhubungan seks dengan pria. Para ahli menduga wabah cacar monyet di Eropa dan Amerika Utara menyebar melalui hubungan seks di dua rave di Belgia dan Spanyol.

“Meskipun saya menyatakan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional untuk saat ini, ini adalah wabah yang terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual,” kata Tedros. “Itu berarti bahwa ini adalah wabah yang dapat dihentikan dengan strategi yang tepat di kelompok yang tepat.”

Latar Belakang Pertimbangan

Kepala darurat Ryan, menjelaskan apa yang mendahului keputusan direktur jenderal:

”(Tedros) menemukan bahwa komite tidak mencapai konsensus, meskipun memiliki debat yang sangat terbuka, sangat berguna, sangat dipertimbangkan tentang masalah tersebut, dan bahwa karena dia tidak menentang komite, apa yang dia akui adalah bahwa ada kompleksitas yang dalam dalam masalah ini,” kata Ryan. “Ada ketidakpastian di semua sisi. Dan dia mencerminkan ketidakpastian itu dan tekadnya atas peristiwa itu” sebagai keadaan darurat global.

Sebelum pengumuman hari Sabtu, Michael Head, seorang peneliti senior di bidang kesehatan global di Universitas Southampton, mengatakan, mengejutkan bahwa WHO belum menyatakan cacar monyet sebagai keadaan darurat global, menjelaskan bahwa kondisinya bisa dibilang terpenuhi beberapa pekan yang lalu.

Beberapa ahli mempertanyakan apakah deklarasi seperti itu akan membantu, dengan alasan penyakit ini tidak cukup parah untuk mendapat perhatian dan bahwa negara-negara kaya yang memerangi cacar monyet sudah memiliki dana untuk melakukannya; kebanyakan orang sembuh tanpa memerlukan perhatian medis, meskipun lesi mungkin menyakitkan.

“Saya pikir akan lebih baik untuk menjadi proaktif dan bereaksi berlebihan terhadap problem daripada menunggu untuk bereaksi ketika sudah terlambat,” kata Head. Dia menambahkan bahwa deklarasi darurat WHO dapat membantu donor seperti Bank Dunia menyediakan dana untuk menghentikan wabah baik di Barat maupun di Afrika, di mana hewan merupakan reservoir alami cacar monyet.

Di AS, beberapa ahli berspekulasi apakah cacar monyet mungkin akan menjadi penyakit menular seksual yang mengakar di negara itu, seperti gonore, herpes, dan HIV.

“Intinya adalah kita telah melihat pergeseran dalam epidemiologi cacar monyet di mana sekarang ada penularan yang meluas dan tidak terduga,” kata Dr. Albert Ko, seorang profesor kesehatan masyarakat dan epidemiologi di Universitas Yale. “Ada beberapa mutasi genetik pada virus yang menunjukkan mengapa itu bisa terjadi, tetapi kami membutuhkan respons yang terkoordinasi secara global untuk mengendalikannya,” katanya.

Ko menyerukan pengujian untuk segera ditingkatkan dengan cepat, mengatakan bahwa mirip dengan hari-hari awal COVID-19, ada kesenjangan yang signifikan dalam pengawasan.

"Kasus yang kami lihat hanyalah puncak gunung es," katanya. “Jendela mungkin telah tertutup bagi kita untuk segera menghentikan wabah di Eropa dan AS, tetapi belum terlambat untuk menghentikan cacar monyet yang menyebabkan kerusakan besar pada negara-negara miskin tanpa sumber daya untuk menanganinya.”

Di AS, beberapa ahli berspekulasi bahwa cacar monyet mungkin menjadi penyakit menular seksual terbaru, dengan pejabat memperkirakan bahwa 1,5 juta pria berisiko tinggi terinfeksi.

Dr. Placide Mbala, seorang ahli virologi yang memimpin departemen kesehatan global di Institut Penelitian Biomedis Nasional Kongo, mengatakan dia berharap setiap upaya global untuk menghentikan cacar monyet akan adil. Meskipun negara-negara termasuk Inggris, Kanada, Jerman dan AS telah memesan jutaan dosis vaksin, tapi tidak ada yang pergi ke Afrika.

“Solusinya harus global,” kata Mbala, menambahkan bahwa setiap vaksin yang dikirim ke Afrika akan digunakan untuk menargetkan mereka yang berisiko tinggi, seperti pemburu di daerah pedesaan. “Vaksinasi di Barat mungkin membantu menghentikan wabah di sana, tetapi masih akan ada kasus di Afrika,” katanya. “Kecuali masalahnya diselesaikan di sini, risiko bagi seluruh dunia akan tetap ada.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home