Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:10 WIB | Kamis, 03 Juni 2021

WHO: Varian Delta dari India Mengkhawatirkan

Logo di luar gedung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, Swiss. (Foto: dok. Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Selasa (2/6) bahwa satu jenis varian COVID-19 yang pertama kali terdeteksi di India sekarang dianggap "mengkhawatirkan" dan telah dijuluki "Delta", sementara dua jenis lainnya telah diturunkan.

Varian virus itu yang ditandai B.1.617, yang sebagian disalahkan atas wabah eksplosif India, disebut varian mutan rangkap tiga karena terbagi menjadi tiga garis keturunan.

Badan kesehatan PBB itu bulan lalu menyatakan seluruh strain sebagai variant of interest (VoI) yang perlu mendapat perhatian, tetapi pada hari Selasa, dikatakan hanya satu dari sub garis keturunan yang pantas diberi label variant of concern (VoC) yang perlu diwaspadai.

“Sudah menjadi bukti bahwa risiko kesehatan masyarakat yang lebih besar saat ini terkait dengan B.1.617.2, sementara tingkat penularan yang lebih rendah dari garis keturunan lain telah diamati,” kata Organisasi Kesehatan Dunia itu dalam pembaruan informasi epidemiologi mingguan tentang pandemi.

Varian B.1.617.2 tetap menjadi VoC, bersama dengan tiga varian virus lainnya yang dipandang lebih berbahaya daripada versi aslinya, karena lebih mudah menular, mematikan, atau berpotensi melewati beberapa perlindungan vaksin.

Sejalan dengan keputusan yang diumumkan pada hari Senin (31/5) untuk merujuk pada varian VoI dan varian VoC yang namanya menggunakan huruf Yunani (Delta), bertujuan untuk menghindari kemungkinan stigmatisasi terkait dengan merujuk mereka dengan nama negara tempat mereka pertama kali terdeteksi, B.1.617.2 varian kini telah dinamaiDelta.

“Kami terus mengamati peningkatan penularan secara signifikan dan semakin banyak negara yang melaporkan wabah yang terkait dengan varian ini,” kata badan PBB itu. “Studi lebih lanjut tentang dampak varian ini tetap menjadi prioritas tinggi bagi WHO.”

Faktanya, varian baru yang diumumkan oleh otoritas kesehatan Vietnam pada hari Sabtu pekan lalu tampaknya merupakan variasi dari Delta.

"Yang kami pahami adalah varian B.1.617.2 ini dengan satu penghapusan tambahan di lokasi protein lonjakan," kata pimpinan teknis WHO untuk COVID-19, Maria Van Kerkhove, kepada wartawan Selasa (1/6).

“Kita tahu bahwa B.1.617.2 varian Delta memang mengalami peningkatan transmisibilitas, yang berarti dapat menyebar lebih mudah antar manusia,” tambahnya.

Sementara itu, sub-silsilah B.1.617.1 telah diturunkan menjadi VoI dan diberi nama Kappa. Dan B.1.617.3 sekarang bahkan tidak dianggap sebagai varian yang menarik, kata WHO, karena “relatif sedikit laporan dari varian ini yang telah diserahkan hingga saat ini.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home