Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:51 WIB | Kamis, 03 September 2020

WHO: Wabah Polio Baru di Sudan Disebabkan oleh Vaksin Oral

Seorang pekerja sosial memberikan vaksin polio kepada seorang anak di kamp Angloa di Khartoum. Kampanye yang disponsori pemerintah menargetkan anak-anak di bawah usia lima tahun. (Foto: dok. Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, wabah polio baru di Sudan terkait dengan epidemi yang dipicu oleh vaksin yang sedang berlangsung di Chad, sepekan setelah badan kesehatan PBB menyatakan benua Afrika bebas dari virus polio liar.

Dalam sebuah pernyataan pekan ini, WHO mengatakan dua anak di Sudan, satu dari negara bagian Darfur Selatan dan satu lagi dari negara bagian Gedarif, dekat perbatasan dengan Ethiopia dan Eritrea, lumpuh pada Maret dan April. Keduanya baru saja divaksinasi polio.

WHO mengatakan penyelidikan awal wabah menunjukkan kasus-kasus tersebut terkait dengan wabah yang berasal dari vaksin yang sedang berlangsung di Chad yang pertama kali terdeteksi tahun lalu dan sekarang menyebar di Chad dan Kamerun.

“Ada sirkulasi lokal di Sudan dan terus menular ke Chad, '' kata badan PBB itu, menambahkan bahwa urutan genetik mengkonfirmasi banyak masuknya virus ke Sudan dari Chad.

WHO mengatakan telah menemukan 11 kasus polio turunan vaksin tambahan di Sudan dan virus itu juga telah diidentifikasi dalam sampel lingkungan. Biasanya ada lebih banyak kasus yang tidak dilaporkan untuk setiap pasien polio yang dikonfirmasi. Penyakit yang sangat menular ini dapat menyebar dengan cepat di air yang tercemar dan paling sering menyerang anak usia di bawah lima tahun.

Dalam kasus yang jarang terjadi, virus polio hidup dalam vaksin oral dapat bermutasi menjadi bentuk yang mampu memicu wabah baru.

Pekan lalu, WHO dan mitranya menyatakan bahwa benua Afrika bebas dari virus polio liar, menyebutnya sebagai “hari yang luar biasa dan emosional.''

Pada hari Senin (31/8), WHO memperingatkan bahwa risiko penyebaran lebih lanjut dari polio yang berasal dari vaksin di Afrika tengah dan Tanduk Afrika “tinggi,'' dan mencatat pergerakan populasi skala besar di wilayah tersebut.

Belasan Negara Hadapi Polio

Lebih dari selusin negara Afrika saat ini sedang berjuang melawan wabah polio yang disebabkan oleh virus tersebut, termasuk Angola, Kongo, Nigeria, dan Zambia.

Di tengah pandemi virus corona, kampanye vaksinasi skala besar yang diperlukan untuk memberantas polio telah terganggu di seluruh Afrika dan tempat lain, menyebabkan jutaan anak rentan terhadap infeksi.

Pada bulan April, WHO dan mitranya enggan merekomendasikan penghentian sementara kampanye imunisasi polio massal, menyadari langkah tersebut dapat menyebabkan kebangkitan penyakit. Pada bulan Mei, mereka melaporkan bahwa 46 kampanye untuk memvaksinasi anak-anak terhadap polio telah ditangguhkan di 38 negara, sebagian besar di Afrika, karena pandemi virus corona.

Beberapa kampanye baru-baru ini telah dimulai kembali, tetapi petugas kesehatan perlu memvaksinasi lebih dari 90% anak-anak dalam upaya mereka untuk memberantas penyakit paralitik ini.

Pejabat kesehatan awalnya bertujuan untuk memberantas polio pada tahun 2000, tenggat waktu yang berulang kali dibatalkan dan terlewat. Polio liar tetap endemik di Afghanistan dan Pakistan; kedua negara juga sedang berjuang untuk mengatasi wabah polio yang diturunkan dari vaksin. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home