Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:48 WIB | Selasa, 14 April 2020

WHO Yakin AS Tetap Beri Dukungan Dana

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, bicara pada konferensi pers tentang wabah virus corona di Jenewa, Swiss. (Foto: dok. Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan keyakinannya bahwa Amerika Serikat akan terus mendanai lembaga PBB itu, terlepas dari kecaman Presiden Donald Trump terhadap cara penanganan WHO terhadap pandemi COVID-19.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pekan lalu bahwa administrasi Trump sedang mengevaluasi kembali dana AS untuk badan tersebut. Diabahwa  mengatakan organisasi internasional itu menggunakanman uang pembayar pajak AS yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka.

Amerika Serikat adalah donor keseluruhan terbesar untuk WHO yang berbasis di Jenewa, dan menyumbang lebih dari US$ 400 juta pada tahun 2019, atau sekitar 15 persen dari anggaran WHO.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, ditanya oleh seorang jurnalis yang berbasis di AS tentang laporan bahwa Trump mungkin "memotong" pendanaan pekan ini, dia mengatakan telah berbicara dengannya dua pekan lalu.

“Yang saya tahu adalah dia mendukung dan saya berharap bahwa dana untuk WHO akan terus berlanjut. Hubungan yang kami miliki sangat baik dan kami berharap ini akan berlanjut,” kata Tedros.

Beberapa hari setelah China memberitahunya tentang kasus-kasus pneumonia yang tidak diketahui asalnya pada tanggal 31 Desember, WHO mengirimkan peringatan kepada semua negara anggota pada 5 Januari, kata pakar darurat utama  WHO, Dr. Mike Ryan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home