Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:47 WIB | Senin, 03 Maret 2014

Wikimedia Indonesia Kembali Menerima Hibah Dari Ford Foundation

Wikimedia Indonesia menerima hibah dari Ford Foundation. (Foto: wikimedia.or.id dan fordfoundation.org)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Perkumpulan independen yang didirikan oleh para sukarelawan pendukung Wikipedia bahasa Indonesia, Wikimedia Indonesia, telah menerima hibah dari sebuah lembaga visioner yang mengutamakan perubahan sosial di seluruh dunia, Ford Foundation, untuk program Pelestarian Budaya Indonesia melalui Digitalisasi Konten.

Hibah ini sendiri diterima dari Ford Foundaiton untuk dua program terpisah, yang akan dilaksanakan
pada tahun 2014 dan 2015.

Hibah ini merupakan yang kedua kalinya diterima oleh Wikimedia Indonesia dari Ford Foundation. Sebelumnya, mereka dapat menyelesaikan dengan baik hibah yang mereka terima pada 2011 untuk Creative Commons Indonesia dan Cipta Media Bersama.

Program Pelestarian Budaya Indonesia melalui Digitalisasi Konten merupakan program pertama yang akan dilaksanakan, program ini didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dibawah PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Pusaka dan terkoordinasi oleh SAPA (Aliansi Strategis Melawan Pemiskinan).

Program ini sendiri memiliki anggaran sebesar 125 ribu dolar Amerika Serikat (AS)  atau setara dengan 1,4 miliar rupiah, yang nantinya akan digunakan oleh Wikimedia Indonesia dalam beberapa progra, pelestarian bahasa dan digitalisasi konten dengan memberdayakan sukarelawan.

Beberapa lokasi yang akan digunakan oleh Wikimedia Indonesia dalam program pelestarian Bahasa melalui Digitalisasi Konten adalah, Wikipedia bahasa Indonesia (Kompetisi Bebaskan Pengetahuan 2014 di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta), Wikipedia bahasa Jawa (Semarang, Yogyakarta, dan Solo), Wikipedia bahasa Sunda (Bandung), Wikipedia bahasa Banjar (Samarinda dan Banjarmasin), Wikipedia bahasa Minangkabau (Pekanbaru), dan Digitalisasi konten bebas berbahasa Indonesia untuk Wiki Sumber (dalam jaringan).

Kompetisi Bebaskan Pengetahuan 2014 akan dimulai ada akhir Maret 2014. Sepuluh universitas di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta telah menyatakan berpartisipasi dalam kompetisi ini. Sementara itu, untuk proyek lainnya akan dilaksanakan pada pertengahan 2014.

Program kedua adalah Cipta Media Seluler, sebuah kegiatan bersama antara Wikimedia Indonesia dan organisasi mitra yaitu; ICT Watch (internetsehat.org), Aliansi Jurnalis Independen, dan Ford Foundation, dengan nilai total 750 ribu dolar AS untuk mendanai inisiatif seluler. Tujuannya adalah perubahan dalam kehidupan sosial yang lebih adil melalui permintaan pendanaan proposal
oleh publik. (PR)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home