Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 18:37 WIB | Selasa, 25 Maret 2014

Wikimedia Luncurkan Lomba Menulis

Wikimedia Luncurkan Lomba Menulis
Peluncuran lomba menulis Wikipedia. (Foto-foto: Ignatius Dwiana)
Wikimedia Luncurkan Lomba Menulis
Duta Pengetahuan Bebas Christian Sugiono, Asisten Deputi VII Menkokesra Magdalena, dan Direktur Proyek Bebaskan Pengetahuan 2014 Hans Abdiel.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Situs web ensiklopedia online Wikipedia bahasa Indonesia meluncurkan lomba menulis bertema "Bebaskan Pengetahuan 2014". Peluncuran dilakukan Asisten Deputi VII Menkokesra Magdalena, Duta Pengetahuan Bebas Christian Sugiono, dan Direktur Proyek Bebaskan Pengetahuan 2014 Hans Abdiel di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra) Jakarta pada Selasa (25/3).

Magdalena menyambut baik kegiatan Wikipedia itu dan menyebutnya momentum yang tepat. Lomba itu dinilai sebagai bentuk dukungan kepada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pusaka Kemenkokesra dalam mengidentifikasi dan membentuk kesadaran masyarakat akan budayanya.

“Saya harap upaya ini berhasil menelurkan bibit-bibit sukarelawan penulis baru dari kalangan akademis untuk memperkaya dokumentasi budaya, seni, dan alam Indonesia. Karena artikel mengenai Indonesia yang dapat diakses oleh semua dengan gratis tidak saja penting untuk informasi budaya dan seni itu sendiri, namun juga bermanfaat untuk menempatkan kualitas manusia yang membacanya. Yang lebih penting lagi pengetahuan ini akan menjadi warisan penting untuk generasi mendatang.” kata Magdalena.

Sementara Christian Sugiono menyebutkan ilmu pengetahuan sudah seharusnya dibebaskan dan tidak dikomersialisasikan. “Setiap orang punya hak untuk mengakses pengetahuan itu secara cuma-cuma.”

Duta Pengetahuan Bebas itu juga mengisahkan rasa senangnya menulis di Wikipedia pada 2000 hingga 2007 ketika kuliah di Jerman.

“Tetapi ketika pulang ke Indonesia pada 2007, saya membandingkan konten dan kualitas artikel Wikipedia bahasa Indonesia dengan bahasa Jerman sangat jauh. Ini masih langkah awal dari Tim Wikipedia Indonesia untuk membebaskan pengetahuan. Kami sudah mengadakan lomba menulis artikel tiga kali di Wikipedia Indonesia dan terakhir bahasa Jawa juga,” katanya.

Christian Sugiono berharap melalui lomba menulis "Bebaskan Pengetahuan 2014" ini semua orang dapat membagikan pengetahuan yang dimiliki masing-masing. Pengetahuan yang dihimpun melalui Wikipedia ini pada akhirnya bersama-sama akan menjadi satu ilmu pengetahuan yang utuh.

Direktur Proyek Hans Abdiel mengumumkan pemenang utama lomba ini akan diterbangkan ke London, Inggris, untuk mengikuti konferensi internasional Wikimania pada Agustus 2014, mewakili Indonesia.

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home