Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 12:11 WIB | Selasa, 19 November 2013

Wikipedia, Ensiklopedia Terbesar di Dunia dan Gratis

Wikipedia, Ensiklopedia Terbesar di Dunia dan Gratis
Hans Abdiel Harmakaputra, sewaktu menghadiri Sidang Raya Dewan Gereja-gereja se-Dunia di Busan, Korea Selatan. (Foto: FB Hans).
Wikipedia, Ensiklopedia Terbesar di Dunia dan Gratis
Artikel berjudul Indonesia di Wikipedia yang sudah diberi tanda kunci, berarti dicegah dari pengeditan.

SATUHARAPAN.COM – Ensiklopedia gratis terbesar di dunia, wikipedia.org, didukung oleh sukarelawan hampir dari seluruh negara. Ada 30 juta artikel dari 287 bahasa. Pengelolaannya ditangani Yayasan Wikimedia. Tidak ada sponsor dan iklan, pembiayaan Wikipedia bergantung dari donasi perorangan. Di Indonesia ada Wikimedia Indonesia.

Sejarah Wikipedia

Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan manusia.

Jimmy Wales, sang pendiri, memulai kariernya dari direktur riset di Chicago Options Associates, suatu perusahaan pialang bursa berjangka dan option di Chicago. Menurut Daniel Pink dari majalah Wired, dengan melakukan “spekulasi tingkat bunga dan mata uang asing” ia segera bisa mengumpulkan cukup uang untuk “membiayai dirinya sendiri dan istri selama hidup”. Sebelum memulai proyek Wikipedia, pada 1996, Wales sempat membuat situs erotis untuk pasar laki-laki dewasa, bomis.com. Pada 2005, situs ini dimatikan.

Proyek pertama Wales adalah Nupedia. Nupedia adalah sebuah ensiklopedia berbasis Web yang artikel-artikelnya ditulis oleh para ahli dan berlisensi bebas. Situs web ini didirikan Jimmy Wales dan dikelola oleh Bomis, dengan Larry Sanger sebagai editor-in-chief. Nupedia aktif sejak Maret 2000 sampai dinon-fungsikan pada September 2003, dan dikenal sebagai awal dari ensiklopedia bebas Wikipedia.

Cita-cita Wales adalah setiap orang dapat memperoleh referensi tepercaya, tetapi cuma-cuma. Dan, dalam pernyataan tentang hak cipta, Wikipedia dapat diakses gratis digunakan untuk apa pun secara cuma-cuma. Operasional Wikipedia dibiayai oleh para donatur perorangan. “Di Amerika Serikat, orang menyumbang sekitar lima dollar untuk mendukung Wikipedia," kata Hans Abdiel Harmakaputra, kontributor Wikipedia Indonesia.

Secara resmi Wikipedia diluncurkan pada 21 September 2001 oleh Larry Sanger di milis Nupedia. Hingga akhir tahun, Wikipedia sudah berkembang dalam 18 bahasa. Artikel pertama Wikipedia Bahasa Indonesia dibuat pada 30 Mei 2003. Pada awal 2009 jumlah artikel yang ada mencapai 100.000 dan pada akhir 2012 mencapai 200.000.

Wikipedia Indonesia

Kepada satuharapan.com, Jumat (15/11), Hans Abdiel Harmakaputra mengatakan bahwa Yayasan Wikimedia Indonesia terus mengembangkan proyek-proyeknya. Selain Wikipedia Bahasa Indonesia, Wikimedia mengembangkan Wikipedia dalam berbagai bahasa daerah di Indonesia.

Wikipedia dalam Bahasa Jawa, Banjar, Aceh, Banyumasan, Sunda, Bugis, Melayu, Batak, Minang dan Tetun sudah online. Bahasa-bahasa lain sedang terus dikembangkan.

Menurut  Direktur Proyek Bebaskan Pengetahuan 2014, Wikimedia Indonesia ini, salah satu pengembangannya adalah melatih calon-calon sukarelawan kontributor Wikipedia. Sebab, kontributor aktif Wikipedia di Indonesia masih sangat sedikit. “Untuk Wikipedia Bahasa Indonesia, baru 50 kontributor aktif,” kata Hans. Maka, pada 2014, diadakanlah proyek Bebaskan Pengetahuan 2014. Bebaskan Pengetahuan 2014 adalah ajang kompetisi menulis artikel-artikel ensiklopedia di situs Wikipedia Bahasa Indonesia.

Bebaskan Pengetahuan 2014

Kompetisi Menulis di Wikipedia ini digagas oleh Wikimedia Indonesia dan dirancang sebagai acara terintegrasi berupa pelatihan, uji ketahanan, upaya pengayaan artikel berkualitas berbahasa Indonesia dalam ranah internet, dan perayaan atas semangat sukarelawan membebaskan pengetahuan.

Kompetisi yang berlangsung selama 90 hari dirancang sebagai sarana pelatihan yang akan memacu penulis-penulis pemula dalam mengumpulkan dan menuliskan data secara ilmiah tentang berbagai bidang ilmu dan ketertarikan mereka dalam bahasa Indonesia–dengan gaya ensiklopedis.

Pemenang akan menghadiri Wikimania 2014 di London, Inggris - Karya dan aktivitas para kompetitor kemudian akan dinilai oleh para juri yang terdiri dari penulis sukarelawan Wikipedia Bahasa Indonesia senior. Kompetisi dimulai dengan pelatihan menulis dan ditutup dengan acara penganugerahan hadiah kepada pemenang. Beasiswa perjalanan mengikuti konferensi internasional Wikimania 2014 di London, Inggris. Wikimania adalah sebuah konferensi internasional untuk membahas kolaborasi pengembangan pengetahuan bebas baik dari sisi teknologi, gaya hidup, dan perluasan jaringan pribadi akan akses pada tokoh-tokoh dari seluruh dunia dengan misi yang sama.

Standar Menulis di Wikipedia

Salah satu kekuatan dan kelemahan adalah semua orang boleh mengisi artikel dan mengedit isi artikel Wikipedia. Kekuatannya, info-info tambahan dapat dengan cepat dimasukkan sehingga data terbaru suatu kejadian atau topik tertentu. Jika ada yang salah, mereka yang punya info yang benar, bisa memperbaiki artikel tersebut.

Namun, di situ juga terletak kelemahannya. “Sewaktu Front Pembela Islam (FPI) melakukan tindakan kekerasan beberapa waktu lalu, artikel tentang mereka ‘diobrak-abrik’. Isinya diubah,” kata Hans. “Mungkin karena saking bencinya.”

Lalu bagaimana mengatasinya? “Setiap artikel ada lognya. Jadi setiap perubahan diketahui siapa yang mengubah dan mengubah apa saja,” kata dosen Sekolah Tinggi Teologi Jakarta ini. “Selain itu, ada komunitas Wikipedia yang selalu mengawasi artikel-artikel agar sesuai standar penulisan Wikipedia,” kata pakar studi Islam-Kristen ini.

Salah satu standar yang sangat ketat dalam Wikipedia adalah mutlak adanya sumber-sumber. Yang bisa dijadikan sumber misalnya, buku, media massa, atau media massa online. Namun, blog belum dapat dijadikan referensi.

“Karena Wikipedia berbahasa Inggris sumber-sumbernya sudah cukup lengkap, para mahasiswa menggunakan sumber-sumbernya dalam paper-paper mereka,” kata lulusan Hatford Seminary ini. Hans menambahkan, “Untuk Wikipedia Indonesia, asal sumber-sumber artikelnya masih bisa diakses, artikel Wikipedia adalah sumber pengetahuan yang sangat kuat.”

Bagaimana agar menghindari peristiwa artikel FPI? Hans mengatakan bahwa untuk artikel yang sudah lengkap, pihak pengurus Wikipedia, Wikimedia, berhak mengunci artikel tersebut. Misalnya, artikel berjudul Indonesia, sudah dikunci.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home