Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 10:59 WIB | Senin, 28 Maret 2022

Will Smith dalam Film “King Richard” Dinobatkan sebagai Aktor Terbaik

Berikutnya adalah peraih Oscar pada berbagai kategori.
Will Smith tiba di Oscar pada hari Minggu, 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles. (Foto: AP/John Locher)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM-Will Smith membawa pulang Academy Award pertamanya pada Minggu (27/3) malam karena memerankan Richard Williams, ayah dan mentor tenis Venus dan Serena Williams, dalam “King Richard.”

Smith berbicara tak lama setelah konfrontasi di atas panggung dengan komedian Chris Rock, yang mengolok-olok istrinya, Jada Pinkett Smith. Smith mencatat, sambil menangis, bahwa Richard Williams juga sangat melindungi keluarganya. “Saya ingin menjadi wadah cinta,” katanya.

Dia juga meminta maaf kepada akademi dan sesama nominasi. "Ini adalah momen yang indah," katanya. “Seni meniru kehidupan. Aku terlihat seperti ayah gila. Tapi cinta akan membuatmu melakukan hal-hal gila.”

Kemenangan itu datang untuk nominasi ketiganya. Dia sebelumnya dinominasikan untuk "Ali" pada tahun 2002 dan "The Pursuit of Happyness" pada tahun 2007.

Smith mengalahkan sesama nominasi Javier Bardem, Andrew Garfield, Benedict Cumberbatch dan Denzel Washington, yang mengalahkan Smith untuk aktor terbaik Oscar 2002 dengan kemenangannya untuk "Training Day."

 

Jane Campion Sutradara Terbaik

Jane Campion memenangkan Oscar untuk sutradara terbaik dalam film "The Power of the Dog."

Pembuat film berusia 67 tahun itu memenangkan Academy Award pada Minggu malam untuk film Barat yang tidak konvensional yang dibintangi Benedict Cumberbatch yang pengambilan gambarnya dilakukan di negara asalnya, Selandia Baru.

Ini adalah gelar sutradara terbaik pertamanya Oscar. Dia memenangkan Oscar skenario asli terbaik pada tahun 1994 untuk filmnya "The Piano," yang juga membuatnya mendapatkan nominasi penyutradaraan.

Campion, perempuan pertama yang dinominasikan dua kali untuk sutradara terbaik, mengalahkan sesama nominasi Paul Thomas Anderson, Kenneth Branagh, Ryusuke Hamaguchi dan Steven Spielberg.

 

Billie Eilish Lagu Orisinal Terbaik

Bintang pop berusia 20 tahun dan saudara produsernya yang berusia 24 tahun, Finneas O'Connell, memenangkan Academy Award untuk lagu orisinal terbaik karena menulis "No Time to Die" dari film James Bond dengan judul yang sama.

Eilish juga membawakan lagu itu, dan kakaknya ikut memproduserinya. Dia dijadwalkan menyanyikannya secara langsung di awal pertunjukan.

Dua lagu lain dari film Bond telah memenangkan Oscar untuk lagu orisinal terbaik, "Skyfall" dari Adele dari film dengan judul yang sama pada 2012, dan "Writing's on the Wall" dari Sam Smith dari "Spectre" tahun 2015.

Eilish dan O'Connell memenangkan sekelompok nominasi yang termasuk Beyoncé, Lin-Manuel Miranda dan Van Morrison.

 

Oscar dan Reuni untuk "The Godfather."

Tiga dari pemeran utama film, sutradara Francis Ford Coppola dan aktor Al Pacino dan Robert DeNiro,  naik ke panggung di Academy Awards pada Minggu malam, melakukannya hampir tepat 50 tahun setelah film pertama dalam trilogi yang dirilis. Mereka diperkenalkan oleh rapper Sean Combs.

“Saya merasa saat-saat seperti ini harus tulus dan singkat, dan saya sangat berterima kasih kepada dua teman saya yang luar biasa, datang ke sini untuk membantu saya merayakan bersama Anda proyek ini yang kami mulai 50 tahun lalu dengan kolaborator yang benar-benar luar biasa,” kata Coppola.

Dia berterima kasih kepada Mario Puzo, yang ikut menulis skenario dengan Coppola, dan Robert Evans, dengan siapa dia terkenal berselisih dalam keputusan mengenai pembuatan film.

“The Godfather”, yang memenangkan film terbaik, dirilis pada 24 Maret 1972. Film-film lain dalam trilogi tersebut dirilis pada tahun 1974 dan 1990.

 

"Summer of Soul" Film Dokumenter Terbaik

Kronik musik dari Harlem Cultural Festival 1969 karya sutradara Ahmir “Questlove” Thompson meraih piala seperti yang diharapkan di Academy Awards hari Minggu. "Saya sangat senang sekarang, saya bisa menangis," katanya.

Questlove, drummer dan pemimpin band dari Roots, membuat film dari wawancara baru dan cuplikan tak terlihat dari festival yang banyak dilupakan yang menampilkan Stevie Wonder, Sly and the Family Stone, Nina Simone dan banyak lagu hebat lainnya dari gospel, R&B, rock 'n' roll dan musik soul.

Dia menangis ketika memikirkan ayahnya, Lee Andrews, yang meninggal pada tahun 2016.

 

Siân Heder untuk Skenario Adaptasi Terbaik untuk “CODA.”

Ini adalah Oscar pertama untuk Heder, yang mengadaptasi naskah dari film Prancis 2014 "La Famille Bélier." Heder juga menyutradarai film kecil usia dewasa tentang satu-satunya anggota dalam keluarga dewasa tunarungu. Itu juga dinominasikan untuk film terbaik.

Untuk skenario adaptasi, “CODA”, dia mengalahkan “The Power of the Dog,” “The Lost Daughter,”Dune” dan “Drive My Car.”

Nominasi film terbaik “CODA” memiliki pengaruh di belakang panggung di Oscar. Pemenang yang mengunjungi ruang wawancara untuk berbicara dengan media internasional akan ditafsirkan komentarnya dalam Bahasa Isyarat Amerika.

Seorang pria dan wanita bergantian menandatangani komentar sambil berdiri di samping pemenang memegang patung emas mereka. “CODA”, yang merupakan singkatan dari anak orang dewasa tuli, membuat Troy Kotsur memenangkan Oscar sebagai aktor pendukung.

 

Kenneth Branagh untuk Skenario Asli Terbaik untuk "Belfast."

Ini adalah Oscar pertama bagi pria berusia 61 tahun, yang juga dinominasikan pada hari Minggu untuk sutradara terbaik dan, sebagai produser, untuk film terbaik.

Naskah Branagh tentang keluarga kelas pekerja pada tahun 1970-an di Irlandia Utara sebagian didasarkan pada masa mudanya sendiri di Belfast.

"Ini adalah kehormatan besar bagi keluarga saya dan penghargaan besar untuk kota yang luar biasa dan orang-orang yang fantastis," kata Branagh. “Ini adalah pencarian kegembiraan dan harapan dalam menghadapi kekerasan dan kehilangan.”

 

Troy Kotsur Aktor Pendukung Terbaik untuk Perannya dalam "CODA."

Kotsur pada Minggu malam menjadi aktor tunarungu kedua yang memenangkan Academy Award. Rekan mainnya di “CODA” Marlee Matlin adalah yang pertama ketika dia memenangkan aktris terbaik untuk “Children of a Lesser God” pada tahun 1987.

Dia mendedikasikan film itu untuk komunitas Tuna Rungu. “Ini adalah momen kita.” Kotsur hampir tidak dikenal sebagai aktor sebelum "CODA," tetapi dianggap sebagai favorit berat untuk Oscar setelah kinerja yang diakui dan menang di awal musim penghargaan.

Dia mengalahkan sesama nominasi Ciarán Hinds, Jesse Plemons, J.K. Simmons dan Kodi Smit-McPhee. Dia berterima kasih kepada ayahnya, lumpuh dalam kecelakaan mobil: "Kamu adalah pahlawanku."

 

"Encanto" Fitur Animasi Terbaik.

 

Film tentang keluarga ajaib di pegunungan Kolombia memenangkan Academy Award untuk Walt Disney Animation Studios pada Minggu malam.

Tidak termasuk film dari anak perusahaan Pixar, Disney telah memenangkan Oscar animasi empat kali sejak pertama kali dibagikan pada tahun 2002.

Disney sebelumnya memenangkan penghargaan untuk “Frozen” tahun 2013, “Big Hero 6” tahun 2014 dan “Zootopia” tahun 2016.

Film ini mengalahkan sesama nominasi animasi "Flee," "Luca," "The Mitchells vs. the Machines" dan "Raya and the Last Dragon."

 

Ariana DeBose Aktris Pendukung Terbaik untuk "West Side Story."

DeBose memenangkan Academy Award pada Minggu malam untuk aktingnya, menyanyi dan menari sebagai Anita dalam peran terobosannya dalam konsep ulang Steven Spielberg dari musik klasik.

Dia menjadi aktris Afro-Latina dan LGBTQ pertama yang menang dalam kategori tersebut. "Kepada siapa pun yang pernah mempertanyakan identitas Anda," katanya, "saya berjanji ada tempat bagi kami."

Sebagian besar tidak dikenal di kalangan film sebelum mendapatkan peran yang didambakan, penduduk asli Carolina Utara berusia 31 tahun itu menjadi favorit Oscar setelah musim penghargaan yang penuh dengan kemenangan.

Dia sebelumnya dikenal sebagai aktris panggung, dengan peran Broadway dalam "Bring It On: The Musical," "Motown: The Musical" dan "Hamilton." Dia meluncur dari panggung menatap Oscar-nya, yang kemudian dia dekatkan ke jantungnya untuk dipeluk.

DeBose mengalahkan sesama nominasi Jessie Buckley, Judi Dench, Kirsten Dunst dan Aunjanue Ellis. Dia berterima kasih kepada Rita Moreno, yang membintangi film adaptasi tahun 1961 dan 2021. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home