Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 21:07 WIB | Selasa, 01 Agustus 2017

Wiranto: 10 Instansi Paling Sering Diadukan Melakukan Pungli

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin (tengah) menunjukan barang bukti hasil operasi tangkap tangan saat gelar kasus gabungan hasil operasi pungutan liar tersebut di Mapolda Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/3). Sebanyak 63 kasus digelar menampilkan sejumlah barang bukti berupa uang tunai sekitar Rp 2,600 miliar, tiga mobil, 124 gram emas, 74 sertifikat dan barang bukti lainnya. Dari kasus itu sebanyak 125 tersangka diamankan polisi. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jenderal TNI (Purnawirawan) Wiranto mengatakan bahwa 10 instansi pemerintah paling sering diadukan oleh masyarakat karena diduga sering melakukan pungutan liar (pungli).

"Ada 10 instansi pemerintah yang paling sering dilaporkan masyarakat karena diduga kerap melakukan pungutan liar," kata Wiranto, di Jakarta, Selasa (1/8).

Ke-10 instansi pemerintahan itu sering diadukan masyarakat ke Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Rinciannya, menurut Wiranto, adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepolisian Indonesia, Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Kesehatan Lalu Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Keuangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, serta Tentara Nasional Indonesia.

"Instansi-instansi ini yang laporannya kami anggap berada di atas passing grade," ungkap Wiranto, yang pernah menjadi panglima TNI.

Terkait begitu banyak aduan pungutan liar yang melibatkan 10 instansi itu, dia telah menugaskan Satgas Saber Pungli segera menindak pihak-pihak yang terbukti pungli.

"Penindakan ini agar jumlah laporan maupun kasusnya dapat berkurang, dan lama-lama hilang. Tapi kayaknya kalau hilang itu masih perlu waktu," ujar Wiranto.

Sementara itu, Sekretaris Saber Pungli Pusat, Mayor Jenderal Andrie Soetarno, turut menjelaskan, ada beberapa daerah yang juga sering dilaporkan masyarakat, karena terdapat pungli di sana.

"Daerah yang banyak diadukan kepada kami itu ada Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Timur, Banten, dan Lampung," kata dia.

"Bahkan, kalau sempat menyimak di media sosial sekitar tiga hingga empat bulan lalu, ada satu kantor yang mengurusi perizinan di Jawa Barat, di mana seluruh pegawainya kena penindakan semua. Itu termasuk daerah yang banyak dilaporkan ke kami," kata dia. (antaranews.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home