Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 15:38 WIB | Kamis, 24 Oktober 2019

Wishnutama Tangani Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sekaligus

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (23/10). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengaku optimistis dapat menangani pariwisata sekaligus ekonomi kreatif yang masuk dalam kewenangannya sebagai menteri.

"Ini kan sebenarnya kami pelajari. Kami tidak mengecilkan badan ekonomi kreatif. Jadi secara detail saya ingin mempelajari aturannya bagaimana, apakah penyelarasan dan gabungan ini. Jadi sebenernya saya harus pelajari juga teknisnya bagaimana. Intinya tidak mengecilkan bekraf (Badan Ekonomi Kreatif)," kata Wisnhutama seusai menghadiri sidang kabinet paripurna perdana di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (24/10).

Wishnutama memimpin kementerian dengan nomenklatur baru yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sebelumnya kementerian ini bernama Kementerian Pariwisata dan ada juga Badan Ekonomi Kreatif yang lahir pada 2014 dipimpin oleh Triawan Munaf.

Penggabungan dua lembaga tersebut dikritik oleh sutradara dan pelaku seni Ernest Prakasa melalui cuitan twitternya.

Ernest pada Rabu (23/10) mencuit "Para pelaku industri kreatif rame-rame dukung Jokowi. Hadiahnya: Badan Ekonomi Kreatif pun lenyap. Terimakasih banyak Pak @jokowi buat plot twist-nya"

Ernest berpendapat peleburan praktis membuat pengembangan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif tak berjalan maksimal. Sebab kedua sektor tersebut saat ini sama-sama masih memiliki pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

"Ini soal kementerian dan Bekraf itu saya masih butuh proses pemahaman saya nanti bicara," tambah Wishnutama.

Ia pun mengaku sampai saat ini kedua lembaga tersebut masih terpisah, artinya ia memimpin dua lembaga berbeda.

"Sampai saat ini belum (bergabung), masih sama saja. Sementara ini masih sama, tidak ada perubahan apa-apa dan sementara saya memimpin dua tempat itu," ungkap Wishnutama.

Ia pun mengaku belum tahu mengenai rencana penggabungan dua lembaga tersebut selanjutnya.

"Iya pas diputuskan itu saya belum sempat tanya ini bagaimana. Tapi sepemahaman saya itu demikian," tambah Wishnutama.

Wishnutama mengaku juga masih akan bekerja sama dengan kementerian desa untuk mengeksplorasi desa-desa wisata.

"Intinya kita akan bekerja sama dengan desa pariwisata tentunya dan justru jadi akan daya tarik baru premium yang sifatnya unik. Kalau desa kan punya pengalaman yang berbeda, tidak harus yang mewah jadi desa wisata adalah salah satu hal menarik juga untuk dikunjungi. Bahkan bukan karena namanya desa wisata untuk target pariwisata, tidak, justru premium," jelas Wishnutama.

Namun ia masih mempelajari potensi desa-dewa wisata tersebut apalagi ia baru sehari dilantik.

"Saya perlu rapat dulu, sehingga saya tahu apa saya dilakukan. Kan ini baru dilantik. Peningkatan itu harus dipelajari. Jumlah wisatawan itu harus dipelajari. Jadi sebenarnya tidak melulu tingkatkan jumlah. Nah ini saya sedang mengukur, bagaimana strategi kita, enggak melulu harus kuantitasnya juga, kualitas wisatawan juga harus penting," ungkap Wishnutama.

Diminta Tuntaskan Kepres 10 Destinasi Wisata

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama yang baru dilantik Presiden Joko Widodo diminta menuntaskan penerbitan surat Keputusan Presiden (Kepres) sebagai payung hukum pengelolaan 10 destinasi wisata prioritas di Tanah Air.

"Tugas mendesak dan utama bagi Menteri Wishnutama adalah merampungkan Kepres tentang 10 destinasi wisata prioritas. Kepres menjadi dasar pengalokasian anggaran pembangunan destinasi wisata," kata anggota DPR RI Hugua ketika dihubungi dari Kendari, Rabu (23/10).

Presiden menetapkan 10 destinasi wisata prioritas Indonesia sejak 2015 namun yang baru memiliki Kepres adalah Danau Toba di Sumatera Utara dan Pantai Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

"Jangan dulu berpikir menciptakan 5 destinasi wisata baru sebelum menuntaskan Kepres 10 destinasi wisata yang telah ditetapkan tahun 2015. Optimalkan dulu10 destinasi wisata yang ada," ujar mantan Bupati Wakatobi dua periode itu.

10 destinasi wisata prioritas yang dituangkan dalam surat Sekretariat Kabinet Nomor B 652/Seskab/Maritim/2015 tanggal 6 November 2015 adalah Danau Toba, Pantai Tanjung Kalayang, Pantai Tanju Lesung dan Kepulauan Seribu. Selanjutnya, Candi Brobudur, Taman Nasional Tenggara Semeru, Pantai Mandalika, Labuan Bajo, Morotai dan Taman Nasional Wakatobi.

Wishnutama yang berlatar belakang pengusaha media dinilai mumpuni untuk mengurusi sektor pariwisata yang membutuhkan figur luwes..

Optimalisasi pembangunan sektor wisata tidak hanya sekadar memenuhi target 20 ribu kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik tetapi membuka kesempatan kerja bagi warga masyarakat setempat.

Terobosan 10 destinasi wisata atau dikenal dengan sebutan menciptakan "10 Bali Baru" merupakan program pemerataan pariwisata Indonesia.

"Kita tidak mengharapkan setiap pergantian menteri juga terjadi pergantian program. Justeru menteri pengganti menuntaskan program yang digalakkan menteri sebelumnya sehingga terjadi kesinambungan," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Sebelum menjabat sebagai menteri, Wishnutama adalah pendiri NET Mediatama Televisi. Sebelumnya, ia adalah Direktur Utama Trans 7, Trans TV serta NET dan juga Komisaris Utama NET serta komisaris Kumparan.

Namun ia mengaku akan meninggalkan semua jabatannya di perusahaan tersebut karena menjabat sebagai menteri.

Pada 2018 ia dipercaya untuk menjadi Creative Director (Sutradara Kreatif) Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home