Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 13:23 WIB | Selasa, 23 Februari 2016

Wujudkan Kestabilan Keuangan, Indonesia Akan Gelar FSAP

ilustrasi, Kantor Otoritas Jasa Keuangan ( Foto Dok Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Indonesia berkomitmen untuk melaksanakan Program Asesmen Sektor Keuangan (Financial Sector Assessment Program/FSAP) di tahun 2016 yang bertujuan untuk menilai stabilitas dan perkembangan sektor keuangan nasional secara komprehensif dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan yang dilaksanakan setiap lima tahun.

Deputi Komisioner Manajemen Strategis IA OJK, Etty Retno Wulandari mengatakan bentuk komitmen yang telah dilakukan dengan membentuk Tim Kerja Nasional FSAP.
 
"Indonesia pertama kali mengikuti FSAP pada tahun 2009/2010, penyelenggaraan pada tahun ini merupakan yang kedua," paparnya di Jakarta pada hari Selasa (23/2).

Dia menjelaskan, tim kerja yang dikoordinasikan oleh OJK ini telah resmi mulai bekerja sejak hari Senin, tanggal 22 Februari 2016 dan akan mempersiapkan pelaksanaan Program Asesmen Sektor Keuangan dimaksud agar dapat dilaksanakan dengan baik.

"Program ini akan terlaksana dengan baik dengan kualitas dukungan dan komitmen dari berbagai pihak yang terkait, termasuk pelaku industri jasa keuangan. Seluruh pihak terkait diharapkan dapat turut mendukung pelaksanaan program ini, antara lain melalui komunikasi dan koordinasi yang lebih intensif agar terbangun persepsi Sektor Jasa Keuangan Indonesia yang utuh dan komprehensif," katanya.

Dia juga mengataakan, bahwa dengan pelaksanaan program ini akan memberikan pemahaman kepada berbagai pihak di domestik maupun global atas kondisi Sektor Jasa Keuangan Indonesia semakin membaik.

"Ini diharapkan dapat memperbaiki persepsi risiko Indonesia, meningkatkan kepercayaan pasar terhadap Sektor Jasa Keuangan Indonesia dan selanjutnya dapat mengiring peningkatan investasi ke Indonesia," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, diharapkan pula industri jasa keuangan Indonesia dapat lebih mudah dan dipercaya untuk bertransaksi dan mengembangkan bisnisnya ke pasar global.

"Akhirnya, pelaksanaan Program Asesmen Sektor Keuangan Indonesia ini diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas Sektor Jasa Keuangan Indonesia dan pertumbuhan ekonomi nasional," katanya. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home