Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 00:00 WIB | Kamis, 18 Juni 2020

WVI Mendengarkan Anak Sebelum Susun Prosedur Kembali Sekolah

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Yayasan kemanusiaan Wahana Visi Indonesia (WVI) mengelar rapat bersama anak dan sejumlah pihak terkait menjelang penyusunan prosedur kembali ke sekolah dengan tatanan normal baru.

“Anak-anak sebagaimana orang dewasa mengalami tekanan yang serupa terutama setelah adanya kebijakan belajar dari rumah, dan rencana tatanan normal baru, termasuk sekolah, maka akan menghadapi tantangan baru,” kata Suputra Liadi, Respons Manager WVI untuk Central Sulawesi Earthquake and Tsunami Emergency Response di Palu, hari Rabu (17/6).

Yayasan ini menggelar rapat daring untuk menyusun standar prosedur kembali ke sekolah dalam situasi pandemi COVID 19. Dan mereka perlu mendengar suara atau curahan hati dari anak-anak, karena mereka yang akan mengalami langsung di sekolah.

“Ini salah satu upaya mewujudkan hak anak untuk ikut bersuara dan turut berpartisipasi dalam membuat rumusan kebijakan,” tuturnya. Persiapan kembali ke sekolah, selain protokol kesehatan, adalah frekuensi dan beban belajar yang harus dibicarakan dengan semua pihak.

Mendengar Suara Anak

Pandemi COVID-19 juga menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran secara luas termasuk pada anak-anak. Rrapat virtual bersama anak dan pihak terkait, terutama Dinas Pendidikan dan Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, untuk mendengar secara langsung apa yang diharapkan anak-anak saat pelaksanaan tatanan hidup baru di sekolah nanti.

WVI bersama Save The Children, Yayasan Plan Indonesia, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu, Dinas Pendidikan Kota Palu mengadakan rapat daring atau webinar dengan tema "Mendengar Suara Anak dan Adaptasi Kebiasaan Baru Sekolah di Masa Pandemi COVID-19".

Rapat dihadiri wakil dari Fum Anak Kota Palu yang berdiskusi dan menyuarakan pikirkan dan saran untuk sekolah, guru, orangtua, dan pemerintah dalam menjamin kesehatan dan keselamatan warga sekolah. Ia menambahkan WVI selama ini juga telah mendistribusikan media informasi, edukasi dan komunikasi, bantuan alat pelindung diri untuk para tenaga kesehatan, juga melakukan sosialisasi pencegahan COVID-19 sebagai respons COVID-19 di Palu. (Ant)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home