Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 00:14 WIB | Sabtu, 28 Maret 2020

Xi Jinping Ajak Donald Trump Perbaiki Hubungan Kedua Negara

Presiden China, Xi Jinping. (Foto: dok. Xinhua)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Presiden China, Xi Jinping, mengatakan kepada Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dalam pembicaraan telepon pada hari Jumat (27/3) bahwa ia berharap AS akan mengambil tindakan substantif untuk meningkatkan hubungan bilateral, kata kementerian luar negeri China.

Xi juga mengatakan kepada Trump bahwa kerja sama antara kedua negara adalah satu-satunya pilihan yang tepat dan China bersedia untuk mendukung AS dalam menangani virus corona, menurut percakapan yang diterbitkan oleh Kemnlu China.

Seruan itu datang di tengah perang pernyataan yang berlangsung lama antara Beijing dan Washington mengenai berbagai masalah, termasuk epidemi virus corona, yang muncul di China akhir tahun lalu dan telah menyebar secara global.

Trump dan pejabat tinggi AS lainnya menuduh China kurang transparan tentang penyebaran virus itu, yang telah menewaskan lebih dari 24.000 orang secara global, dan hal itu membuat marah China.

Xi mengulangi pernyataannya kepada Trump dalam seruannya bahwa China telah terbuka dan transparan tentang epidemi, yang telah menginfeksi lebih dari 80.000 orang di negara komunis itu.

Xi juga menawarkan dukungan kepada AS yang sekarang memiliki lebih banyak orang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) daripada China.

Trump mengatakan di akun Twitter bahwa ia membahas wabah virus corona baru "dengan sangat rinci" dengan Xi. Trump tampak menahan diri untuk tidak mengeluarkan kata-kata agresif, seperti menyebut virus itu sebagai "virus China", yang telah dia lakukan.

"China telah melalui banyak hal dan telah mengembangkan pemahaman yang kuat tentang virus," kata Trump. "Kami bekerja sama dengan erat. Penuh rasa hormat!" (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home