Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 03:00 WIB | Selasa, 01 Oktober 2019

Xi Jinping Tegaskan Lagi Hong Kong Satu Negara Dua Sistem

Presiden dan Pemimpin Partai Komunis Tiongkok Xi Jinping bersulang usai menyampaikan pidatonya pada sebuah makan malam yang menandai peringatan ke-70 berdirinya Republik Rakyat Tiongkok di Aula Besar Rakyat di Beijing, Senin, 30 September, 2019. (Foto: AP/Andy Wong)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Presiden Tiongkok Xi Jinping menegaskan kembali komitmennya terhadap Hong Kong untuk mengatur sistem pemerintahannya sendiri di tengah berlanjutnya protes anti-pemerintah di wilayah semi-otonom Tiongkok tersebut.

Penegasan Xi Jinping ini disampaikan dalam pidato pada hari Senin (30/9) di Beijing di acara menjelang perayaan ulang tahun ke-70 berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, yang terancam ternoda oleh bentrokan lanjutan antara polisi dan demonstran anti-pemerintah di Hong Kong.

Demonstran dan polisi bentrok dalam dua hari berturut-turut sejak hari Minggu (29/9) di Hong Kong, memicu kekhawatiran Beijing terhadap situasi Hong Kong akan semakin memburuk selama peringatan berdirinya negara Tiongkok.

“Kami akan terus sepenuhnya dengan setia menerapkan prinsip-prinsip 'Satu negara, dua sistem' (dan) 'orang Hong Kong yang mengatur Hong Kong,' kata Xi dalam sambutannya.

Kepentingan Tiongkok adalah memastikan bahwa Hong Kong dan kawasan semi-otonomnya di Makau “makmur dan maju di sisi Tiongkok daratan dan meraih masa depan yang lebih cerah,” kata Xi.

Pada 1 Oktober 2019 Tiongkok memperingati ulang tahun ke-70 proklamasi berdirinya Republik Rakyat Tiongkok. (apnews.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home