Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 16:53 WIB | Selasa, 24 November 2015

Yellen: Suku Bunga Hampir Nol Untungkan Warga AS

Ketua The Federal Reserve, AS, Janet Yellen (Foto: blogs.wsj.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Warga AS memperoleh keuntungan hampir nol dari kebijakan suku bunga yang dilakukan oleh Federal Reserve, meski menimbulkan dampak negatif terhadap nasabah, kata Ketua The Fed, Janet Yellen dalam sebuah surat pada hari Senin (23/11) untuk penasihat konsumen Ralph Nader.

Dalam menanggapi surat dari Nader yang meneriakkan nasib nasabah yang menderita akibat rendahnya suku bunga selama beberapa tahun, Yellen mengatakan bahwa warga AS akan sangat dirugikan jika Federal Reserve tidak mengambil langkah tegas untuk mengatasi krisis keuangan parah pada 2007 dan 2008 dan resesi berikutnya.

“Warga AS pada dasarnya telah diuntungkan, orang-orang berpendapatan rendah dan menengah yang terkena dampak penurunan secara tidak proporsional,” tulis Yellen.

Dengan mengelompokkan tingkat dana federal antara nol hingga 0,25 persen poin pada Desember 2008, Federal Reserve menurunkan biaya pinjaman bagi jutaan keluarga dan pengusaha AS, yang pada gilirannya mendukung pasar perumahan dan pertumbuhan tenaga kerja, menurut pendapatnya.

“Kami semua berharap bahwa perekonomian akan terus berkembang, pasar tenaga kerja akan terus membuat kemajuan, dan inflasi akan bergerak menuju target stabilitas harga kami sebesar dua persen,” tulis Yellen.

“Jika itu terjadi, rekan saya dan saya sudah mengindikasi bahwa akan menjadi langkah tepat untuk mulai menormalkan suku bunga,” katanya. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home