Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 14:06 WIB | Kamis, 01 Juni 2023

Yordania Akan Gelar Pernikahan Kerajaan, Inilah Mempelai Itu

Sebuah poster bergambar Putra Mahkota Hussein dan tunangannya, arsitek Arab Saudi, Rajwa Alseif, dipasang di jalan utama di pusat kota Amman, Yordania, Selasa, 30 Mei 2023. Putra Mahkota Al Hussein bin Abdullah II, 28 tahun, dan Rajwa Alseif, perempuan berusia 29 tahun itu akan menikah pada hari Kamis di sebuah pernikahan istana di Yordania, monarki sekutu Barat yang telah menjadi benteng stabilitas selama beberapa dekade saat kekacauan Timur Tengah melanda perbatasannya. (Foto: AP/Nasser Nasser)

AMMAN, SATUHARAPAN.COM-Dia pewaris takhta Yordania, salah satu monarki tertua di Timur Tengah dan diyakini keturunan Nabi Muhammad. Akan menikah dengan pasangannya, seorang arsitek dari Arab Saudi yang memiliki silsilah aristokratnya sendiri.

Putra Mahkota Yordania, Al Hussein bin Abdullah II, 28 tahun, dan pasangannya, Rajwa Alseif, 29 tahun, akan menikah pada hari Kamis mendatang di sebuah pernikahan istana di Yordania, monarki sekutu Barat yang telah menjadi benteng stabilitas selama beberapa dekade karena kekacauan Timur Tengah telah melanda perbatasannya.

Keluarga belum mengatakan bagaimana pasangan itu bertemu atau memberikan rincian tentang pacaran mereka. Mereka secara resmi bertunangan dalam upacara tradisional Muslim di ibu kota Arab Saudi, Riyadh, pada Agustus 2022 yang dihadiri oleh anggota senior keluarga kerajaan Yordania.

Pengantin ditakdirkan untuk menjadi pasangan yang kuat di Timur Tengah, menjalin ikatan baru antara Yordania dan Arab Saudi saat yang terakhir berusaha mengubah dirinya menjadi broker kekuasaan regional.

Berikut mengenai kedua mempelai.

Arsitek Didikan AS dengan Akar Kesukuan Arab Saudi

Rajwa Alseif lahir di Riyadh pada 28 April 1994, anak bungsu dari empat bersaudara.

Ibunya, Azza bint Nayef Abdulaziz Ahmad Al Sudairi, terkait dengan Hussa binti Ahmed Al Sudairi, yang dikatakan sebagai istri kesayangan pendiri Arab Saudi, Raja Abdul-Aziz Al Saud, dan melahirkan tujuh putranya, termasuk penguasa negara saat ini, Raja Salman.

Selama beberapa dekade, apa yang disebut Sudairi Seven, yang sebagian besar telah meninggal, dipandang sebagai pusat kekuasaan utama dalam keluarga kerajaan Arab Saudi.

Ayah Alseif, Khalid, adalah anggota Subai, suku terkemuka di Jazirah Arab dengan akar kuno. Dia juga pendiri El Seif Engineering Contracting, yang membangun Kingdom Tower yang ikonik di Riyadh dan bangunan tinggi lainnya di Timur Tengah.

Rajwa belajar arsitektur di Universitas Syracuse di New York, di mana dia lulus dengan gelar sarjana pada tahun 2017. Sebuah video kelulusan menunjukkan dia menerima gelarnya dalam sepatu kets perak berkilau.

Setahun sebelumnya, dia memimpin simposium arsitektur Spring Break di Dubai, di Uni Emirat Arab, yang didanai oleh perusahaan ayahnya.

“Apa yang membuat perjalanan ini begitu berkesan bagi saya...adalah melihat para siswa di studio mengalami budaya dan arsitektur Arab untuk pertama kalinya,” katanya seperti dikutip oleh sebuah surat kabar universitas.

Dia melanjutkan untuk mendapatkan gelar dalam komunikasi visual dari Fashion Institute of Design and Merchandising di Los Angeles.

Biografi resmi yang dibagikan oleh istana kerajaan Yordania mengatakan bahwa hobinya termasuk menunggang kuda dan seni buatan tangan, dan dia fasih berbahasa Inggris, Prancis, dan bahasa Arab asalnya.

Putra Mahkota Yang Disiapkan Memimpin Yordania

Putra Mahkota Hussein lahir 28 Juni 1994. Jalannya menuju suksesi menjadi jelas ketika ayahnya, Raja Abdullah II, mencopot saudara tirinya sendiri, Pangeran Hamzah, dari gelar putra mahkota pada tahun 2004. Hussein secara resmi ditunjuk sebagai pewaris tahta lima tahun kemudian, pada usia 15 tahun.

Dia adalah putra tertua Abdullah, 61 tahun, yang telah memerintah Yordania sebagai sekutu Barat yang dapat diandalkan dan suara moderasi selama lebih dari dua dekade kekacauan di Israel, wilayah Palestina, Suriah dan Irak, yang semuanya berbatasan dengan sumber daya kecil, kerajaan miskin.

Kaumu Hashemites, sebutan keluarga penguasa Yordania, menelusuri garis keturunan mereka kembali ke Nabi Muhammad. Mereka tinggal di wilayah Hijaz yang sekarang menjadi Arab Saudi selama berabad-abad sebelum pasukan Raja Abdul-Aziz Al Saud mengusir mereka pada tahun 1925.

Hashemites telah memimpin pemberontakan Arab melawan Kekaisaran Ottoman selama Perang Dunia I, sebuah pemberontakan yang didramatisasi oleh film tahun 1962 "Lawrence of Arabia." Mereka berharap untuk menguasai negara Arab yang mencakup sebagian besar Timur Tengah, tetapi kekuatan kekaisaran Barat mengkhianati mereka. Prancis mengusir mereka dari Suriah dan pemberontakan nasionalis menggulingkan mereka di Irak, hanya menyisakan wilayah yang sekarang disebut Yordania.

Nama putra mahkota diambil dari kakeknya, Raja Hussein, yang memerintah Yordania selama 46 tahun hingga kematiannya pada tahun 1999 dan tetap menjadi sosok yang dicintai banyak orang Yordania.

Mungkin butuh waktu bertahun-tahun sebelum putra mahkota menjadi raja, tetapi pelatihannya sudah dimulai.

Dia lulus dari Universitas Georgetown dengan gelar dalam sejarah internasional pada tahun 2016 dan dari Akademi Militer Kerajaan Inggris di Sandhurst pada tahun berikutnya. Dia memegang pangkat kapten di militer Yordania dan secara rutin mengikuti latihan dan upacara.

Dia telah bergabung dengan ayahnya dalam perjalanan ke luar negeri, termasuk pertemuan baru-baru ini di Gedung Putih dengan Presiden Joe Biden. Sang pangeran membagikan foto-foto dari kunjungan tersebut di feed Instagram-nya, yang memiliki lebih dari empat juta pengikut dan juga menampilkan lebih banyak foto kasual.

Pada tahun 2015, Hussein adalah orang termuda yang pernah memimpin pertemuan di Dewan Keamanan PBB, memimpin diskusi tentang bagaimana membantu kaum muda bekerja sama, di depan ekstrimisme kekerasan dan mempromosikan perdamaian. Dua tahun kemudian, dan baru lulus kuliah, dia berpidato di Majelis Umum PBB.

Pengalamannya hingga saat ini mungkin telah mempersiapkannya untuk memerintah Yordania, tetapi dia juga ada di dunia yang terpisah dari sebagian besar warganya, yang telah menderita dalam beberapa tahun terakhir karena prospek ekonomi yang semakin berkurang. Pemerintah terpilih di Yordania telah lama berfungsi sebagai tembok laut bagi kemarahan publik, meskipun raja selalu memegang kekuasaan yang sebenarnya.

Itu adalah kenyataan yang mungkin harus dihadapi putra mahkota muda suatu hari nanti, lama setelah pernikahan istananya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home