Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 08:15 WIB | Senin, 31 Mei 2021

Zhan Hong, Pria Buta Asia Pertama Mendaki Everest

Zhan Hong, Pria Buta Asia Pertama Mendaki Everest
Zhang Hong. (Foto: Reuters)
Zhan Hong, Pria Buta Asia Pertama Mendaki Everest
Gunung Everest, puncak tertinggi dunia, dan puncak pegunungan Himalaya lainnya terlihat melalui jendela pesawat selama penerbangan gunung dari Kathmandu, Nepal, 15 Januari 2020. (Foto: dok. Reuters)

KATHMANDU, SATUHARAPAN.COM-Zhang Hong, pria dari China berusia 46 tahun mendaki puncak tertinggi di dunia dari sisi Nepal, dan dia menjadi orang buta pertama di Asia dan ketiga di dunia yang mendaki Gunung Everest.

“Tidak masalah jika Anda cacat atau normal, apakah Anda kehilangan penglihatan atau Anda tidak memiliki kaki atau tangan, tidak masalah selama Anda memiliki pikiran yang kuat, Anda selalu dapat menyelesaikan sesuatu yang dapat dilakukan orang lain," kata Zhang kepada Reuters.

Zhang menyelesaikan prestasi pendakian Himalaya setinggi 8.849 meter pada hari Senin (24/5) bersama dengan tiga pemandu ketinggian, dan kembali ke base camp pada hari Kamis (27/5).

Lahir di kota Chongqing, China barat daya, Zhang kehilangan penglihatannya pada usia 21 tahun karena glaukoma. Dia terinspirasi oleh Erik Weihenmayer, pendaki Amerika buta yang mendaki Everest pada tahun 2001, dan mulai berlatih di bawah bimbingan teman pemandu gunungnya, Qiang Zi.

Nepal membuka kembali pendakian di Gunung Everest pada bulan April untuk orang asing setelah ditutup tahun lalu karena pandemi COVID-19.

“Saya masih sangat takut, karena saya tidak dapat melihat ke mana saya berjalan, dan saya tidak dapat menemukan pusat gravitasi saya, jadi terkadang saya akan jatuh,” kata Zhang.

“Tapi saya terus berpikir, karena meski berat harus menghadapi kesulitan-kesulitan itu, ini salah satu komponen pendakian, ada kesulitan dan bahaya dan inilah arti dari mendaki.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home