Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:10 WIB | Sabtu, 08 Februari 2020

13 Permukiman Penduduk Bantaran Kali Bekasi Diimbau Waspada Banjir

Warga RW013 Perumahan Pondok Mitra Lestari mengamati peningkatan TMA Kali Bekasi dari atas tanggul darurat saat terjadi situasi siaga 1 banjir, Sabtu (9/2/2020). (Foto: Antara/Andi Firdaus)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Jawa Barat, mengimbau kepada warga yang menghuni 13 perumahan di sepanjang bantaran Kali Bekasi untuk mewaspadai banjir susulan, Sabtu (8/2) pagi.

"Kenaikan TMA (tinggi muka air) Kali Bekasi disebabkan air kiriman dari Bogor karena hujan lebat sejak semalam," kata Kepala BPBD Kota Bekasi Muhammad Jufri, di Bekasi, Sabtu (8/2).

Data yang dihimpun melalui laporan Pembina Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), TMA Kali Bekasi sudah mencapai 460 sentimeter (cm), dari situasi normal 300 cm pada pukul 10.15 WIB.

Kondisi itu masuk dalam status siaga 1 banjir, karena kondisi permukaan air sungai yang sudah setara dengan badan jalan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi, mengeluarkan peringatan dini terhadap 13 perumahan warga di sepanjang bantaran Kali Bekasi, untuk bersiaga menghadapi banjir susulan.

"Waspada untuk aliran Sungai Cileungsi empat sampai delapan jam ke depan air akan sampai di Kali Bekasi," katanya.

Sejumlah perumahan penduduk yang diimbau waspada di antaranya Pangkalan 1A, Pondok Gede Permai, Perum Kemang IFI, Perum PPA, Perum Pondok Mitra Lestari, Perum Depnaker, Perum Kemang Pratama.

Perum Delta, Bendung Prisdo, Perumahan Kartini, Kampung Patal, Kampung Lengkak dan Teluk Pucung.

Sementara itu pantauan di Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Kota Bekasi air sungai mulai menggenangi badan jalan setinggi 30-40 cm.

"Air mulai masuk ke PGP sekitar jam 08.00 WIB, saat ini situasi air sungai masih cukup tinggi," kata warga setempat, Sugiyono. (Ant)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home