Loading...
DUNIA
Penulis: Saut Martua Amperamen 19:11 WIB | Minggu, 11 Juni 2017

45 LGBT Terpilih Jadi Anggota Parlemen Inggris

Grafik yang menggambarkan pertumbuhan LGBT yang menjadi anggota parlemen Inggris (Foto: The Washington Post)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 45 orang dari kalangan Lesbian, Gay, Bisexual dan Transgender (LGBT) terpilih menjadi anggota parlemen Inggris dalam pemilu sela yang berlangsung pada hari Kamis (08/06), sebuah rekor baru dalam sejarah negara itu.

Jumlah itu merupakan 7 persen dari keseluruhan (650) anggota parlemen Inggris dan merupakan angka persentase tertinggi di Inggris maupun di dunia. Jumlah LGBT yang terpilih tahun ini naik sebanyak 6 kursi dibanding tahun 2015 dan hampir dua kali lipat bila dibandingkan pada 2010.

Mereka yang terpilih, 19 orang berasal dari Partai Konservatif atau enam persen dari keseluruhan anggota parlemen dari partai tersebut. Sebanyak 19 orang dari Partai Buruh atau tujuh persen dari keseluruhan anggota parlemen dari partai itu. Selebihnya, yakni tujuh orang berasal dari Scottish National Party (SNP), yang merupakan 20 persen dari keseluruhan anggota parlemen dari partai itu.

Jumlah anggota parlemen Inggris dari kalangan LGBT tampaknya terus meningkat, bahkan dapat dikatakan meningkat pesat. Pada 1984 hanya dua LGBT yang menjadi anggota parlemen, tetapi pada tahun 2001 melesat menjadi 12, dan kini sudah mencapai 45 orang.

Hal ini akan menjadi persoalan tersendiri bagi Theresa May, PM Inggris yang kini berjuang untuk membentuk pemerintahan baru hasil dari pemilu sela. Akibat partainya tak berhasil memperoleh suara mayoritas, Theresa May harus berkoalisi dengan Democartic Unionist Party (DUP).

Masalahnya, DUP sejak lama dikenal sangat menentang hak-hak LGBT. Ian Paisley Jr, putra dari pendiri partai itu, pernah mengatakan bahwa homoseksualitas "immoral, offensif dan menjijikkan."

Theresa May diperkirakan harus berjuang keras untuk dapat mengendalikan partai koalisi barunya ini, mengingat di kalangan partainya sendiri terdapat sejumlah signifikan anggota parlemen dari komunitas LGBT.

Berikut ini adalah nama-nama anggota parlemen Inggris dari kalangan LGBT:

Partai Konservatif:
Stuart ANDREW
Crispin BLUNT
Nick BOLES
Conor BURNS
Alan DUNCAN
Nigel EVANS
Mike FREER
Nick GIBB
Justine GREENING
Nick HERBERT
Margot JAMES
Daniel KAWCZYNSKI
Mark MENZIES
Damien MOORE
David MUNDELL
Lee ROWLEY
Iain STEWART
Ross THOMSON
William WRAGG

Partai Buruh:
Angela EAGLE
Clive BETTS
Nick BROWN
Ben BRADSHAW
Chris BRYANT
Dan CARDEN
Stephen DOUGHTY
Nia GRIFFITH
Gerald JONES
Gerard KILLEN
Peter KYLE
Gordon MARSDEN
Sandy MARTIN
Luke POLLARD
Steve REED
Lloyd RUSSELL-MOYLE
Cat SMITH
Wes STREETING
Stephen TWIGG

Scottish National Party (SNP):
Hannah BARDELL
Mhairi BLACK
Joanna CHERRY
Angela CRAWLEY
Martin DOCHERTY
Stuart McDONALD
Stewart McDONALD 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home