Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 19:41 WIB | Jumat, 29 Juni 2018

Acara Akhir Pekan 30 Juni – 1 Juli 2018

Ilustrasi. Festival Budaya Bakar Tongkang 2018 di Bagansiapiapi Riau. (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

SATUHARAPAN.COM – Agenda acara di penghujung bulan Juni  ini,  masih dalam suasana liburan,  beberapa acara yang digelar dan banyak didominasi  festival Budaya dari beberapa daerah, yang akan menambah wawasan kita, selain itu juga ada festival kuliner  dan Indonesia Balloon Art Festival, yang menambah semarak liburan Anda.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 30 Juni

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15:00 WIB,  Konser Musik  Orkestra Ngider-Ngider oleh Lantun Orchestra feat. Zee Zee Shahab

Pertunjukan ini, mengajak penonton untuk #Ngiderngider (Jalan-jalan) melihat wajah #betawihariini sambil menggali potensi kegiatan yang bisa dilakukan di Jakarta. Daripada pusing memikirkan masalah, kita rehat sejenak sambil bernyanyi diiringi  Lantun Orchestra.

Blok M Square Jakarta, Festival Kebudayaan Jepang Ennichisai 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (30/6) – Minggu (1/7)

Acara tahunan yang paling ditunggu-tunggu akan segera dimulai!

Tahun 2018 ini, Ennichisai akan kembali digelar sebagai rangkaian acara dari peringatan 60 tahun Persahabatan antara Jepang dan Indonesia. Ennichisai dikenal juga dengan festival kebudayaan terbesar di Indonesia dengan jumlah pengunjung yang mencapai 300.000 orang per tahunnya.

Pengunjung bisa merasakan suasana festival seperti di Jepang. Akan ada berbagai pertunjukkan menarik yang dimeriahkan oleh penampilan Guest Star dari dalam negeri maupun dari negeri Jepang itu sendiri. Selain pertunjukkan panggung, di Ennichisai juga terdapat ratusan booth makanan dan minuman asal Jepang serta berbagai pernik kebudayaan Jepang.

Info dan kontak: Facebook: Ennichisai Blok M, Website: ennichisaiblokm.com

Grand Ballroom, The Ritz Carlton Jakarta,  Kama Asmara Wedding Exhibition

Acara berlangsung pada Jumat (29/6) – Minggu (1/7)

Harga tiket masuk: gratis

Pameran pernikahan tradisional yang penuh inspirasi,  akan cantik dan megahnya sebuah pesta pernikahan. Didukung para vendor terkemuka Jakarta yang penuh kreativitas dan produk pernikahan unggulan dengan harga best deal dan limited promo khusus selama pameran berlangsung. Jangan lewatkan promo istimewa dari puluhan Vendor pernikahan #kamaasmara dengan berbagai program khusus selama 3 hari. Golden Hours (Disc paket vendor hingga 50%)

Lelang (paket vendor pernikahan mulai dari Rp2.000.000)

Fashion show parade kebaya koleksi teranyar dari Designer kebaya pernikahan, Free Honeymoon dan tiket pesawat, Grandprize satu set perhiasan emas berian, Hadiah langsung 100+ cincin kawin berlian dan liontin berlian untuk setiap transaksi.

Info dan kontak: Facebook: Wedding Carnaval Indonesia, Instagram: @weddingcarnaval

Mal Ciputra Jakarta, Indonesia Balloon Art Festival (IBAF) 2018

Acara berlangsung pada Jumat (29/6) – Minggu (8/7) Tempat: Harga tiket masuk: Senin – Kamis : Rp. 20.000, Jumat – Minggu : Rp. 30.000

IBAF akan datang lagi! Come by to Mal Ciputra Jakarta to experience a start of the festivities!

IBAF2018 akan hadir menampilkan tema “Wonderful Indonesia” dengan tema kota Jogjakarta, Nias, Maluku dan Bali, dengan bangunan dan baju adat khas semua terbuat dari balon!

Indonesia Balloon Artist Festival diperkuat oleh Komunitas seniman balon Indonesia, Indonesia Balloon Artist Club, dengan anggota dari Medan, Palembang, Jambi, Banjarmasin, Jakarta, Bandung, Purworejo, Malang, Surabaya, Bali, Lombok, Manado, Biak, Timika!

Dapatkan tiketnya sekarang juga di Gotix by Gojek Apps dan loket.com

Info dan kontak: Facebook: Mal Ciputra Jakarta, Instagram: @malciputrajkt, Website: ciputramall.com

Taman Ismail Marzuki dan CFD Bundaran HI, Jakarta,  Festival Budaya Banjar 2018

Acara berlangsung pada Jumat (29/6) – Minggu (1/7)

Hadiri Festival Banjar 2018, yang akan menghadirkan kegiatan expo kuliner, produksi kerajinan Kalimantan Selatan serta destinasi wisata dan kebudayaan. Expo ini akan dihadirkan dengan konsep replika pasar terapung khas Kalimantan. Acara ini juga akan menjadi ajang silaturahmi masyarakat Banjarmasin di Jakarta dan seluruh dunia. Jangan lewatkan juga parade festival yang akan menghadirkan atraksi seni dan busana di Car Free Day Thamrin.

Jadwal acara:

Parade Budaya Banjar & Dayak Meratus, pada Minggu (1/7) Pukul  06.00-11.00 WIB, Expo Potensi Kalimantan Selatan, pada Jumat (29/6) – Minggu (1/7) Pukul 09.00-21.00 WIB, Silaturahmi Warga Banjar Se-Dunia pada Sabtu (30/6) Pukul  09.00-16.00 WIB

Info dan kontak: Telp: 0291-890233, Facebook: Festival Banjar 2018

Area Parkir Convention Botani Square, Bogor,  Festival Durian di Botani Square

Acara berlangsung pada Senin (25/6) – Minggu (8/7)

Durian Lovers, Festival Durian kembali hadir lagi di Area Parkiran Convention Botani Square.

Ikuti lomba makan durian dan lomba menggambar, informasi lebih lengkap dapat langsung mengunjungi area festival.

Info lebih lanjut hubungi : +62 878-7090-4999

Info dan kontak: Telp: 087870904999, Instagram: @botanisquaremall

@ Bundaran Tarian Langit Kota Harapan Indah, Bekasi,  Ice Cream Festival Bekasi 2018

Acara berlangsung pada Kamis (28/6) – Jumat (29/6)

Kamu penggemar berat es krim? Yuk datang ke Ice Cream Festival 2018, rasakan kenikmatan dari 20 menu kreasi Ice Cream. Semua serba Rp.10.000!

Berikut varian es krim yang bisa kamu nikmati: Es Kopyor Kacang Merah, Donat Ice Cream, Cappuccino Cincau, Crispy Banana Ice Cream, Chocoreo, Rujak Ice Cream, Soda Float Bubble, Waffle Ice Cream, Pan Fried Caramel Banana, Es Campur Kekinian, Brownies Ice Cream, Mango Jelly Ice Cream, Fruit Salad, Bread Toast Ice Cream, Burger Ice Cream, Jasuke Ice Cream, Ice Cream Cookies, Choco Waffle Cream, Choux Ice cream, Green Tea Bread Puding Walls

Info dan kontak: Instagram: @icecream_fest

Le Garden Food Court Lt.2, Palembang Indah Mall, Weekend Food Market – Palembang Indah Mall

Acara berlangsung padaKamis (28/6) – Minggu (5/8)

Spesial event untuk anda semua yang hobi makan! Pastikan anda tidak melewatkan Weekend Food Market di Palembang Indah Mall setiap hari Kamis, Jum’at, Sabtu & Minggu.

Daftar New Menu Weekend Food Market Batch 5 (tanggal 28 Juni – 01 Juli 2018): Lalabi, Chicken Karatee, Nasi Minyak Pak Gembus, Esco Suki, Dapoer Si Embul, Otak-otak NY. Bong, Pancake Qiu, Cilor Jolly, Chicken Salted Egg Yummeals, Siomay NY. Lani, Cheese Corn, Siam Thai Tea, Pentol Pedas Jeletot, Martabak Kang Anan, Es Milo House Of Merich, Hulala Ice Cream Roll, Bairn Kitchen, Say Moo, Green Grass Jelly, Relish Tea, Hi Fries

Info dan kontak: Telp 1: 081364608808 (Debby), Telp 2: 081366568393 (Abib), Telp 3: 082186861500 (Andre), Instagram: @palembangindahmall

Lippo Plaza Batu Malang, Pukul 10.00-22.00 WIB, Festival Te Sate!

Acara berlangsung pada Jumat (29/6) – Minggu (1/7)

Gak ada habisnya buat Lippo Plaza Batu untuk mengadakan berbagai event menarik. Dan kali ini untuk Pertama dan Terlengkap di Kota Wisata Batu “Festival Te Sate”

Nikmati berbagai menu bakar seperti sate ayam, sate kambing, sate kelinci, ayam panggang, ayam bakar, ikan panggang, ikan bakar, bakso bakar, iga bakar, iga panggang, bebek bakar, aneka street food, dan masih banyak lainnya.

Info dan kontak: Telp: 0341-2991299, Facebook: Lippo Plaza Batu, Twitter & Instagram:  @lippoplazabatu

Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau,  Festival Budaya Bakar Tongkang 2018 di Bagansiapiapi

 Acara berlangsung pada Kamis (28/6) – Sabtu (30/6)

Menghormati nenek moyang mereka dan melestarikan tradisi zaman dahulu, kelompok etnis Tionghoa di Bagansiapi-api pada tahun 2018 kembali menggelar Festival Bakar Tongkang 2018 pada tanggal 28 - 30 Juni 2018 di Bagansiapi-api, ibu kota Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Bakar Tongkang di sini, dimaksudkan membakar kapal yang terakhir.  Bakar Tongkang adalah tradisi tahunan yang memperingati keputusan penting pendatang Tionghoa pertama yang meninggalkan tanah airnya dengan kapal dan menetap di Riau di pulau Sumatera. Keputusan bersejarah ditandai dengan membakar Kapal (terakhir) tempat mereka berlayar, yang sekarang setiap tahun dirayakan dengan membakar replika kapal tradisional Tiongkok di puncak festival.

Festival ini juga dikenal dengan nama Go Gek Cap Lak dalam bahasa Hokkien, yang berasal dari kata Go berarti ke-5 dan Cap Lak yang berarti ke-16, sehingga ritual tersebut dirayakan setiap tahun pada hari ke 16 bulan ke 5 sesuai dengan Kalender China.

Festival Bakar Tongkang merupakan acara tahunan terbesar di Kabupaten Rokan Hilir.

Selama festival, ritual dan doa oleh peserta di pura utama diawali, diikuti oleh prosesi budaya, berbagai atraksi oriental yang berbeda seperti Barongsai diadakan, serta panggung hiburan yang disiapkan untuk para pemain yang berasal dari Medan, Singkawang (Kalimantan Barat), serta dari negara tetangga Malaysia, Taiwan, dan Singapura yang membawakan lagu-lagu Hokkien.

Replika kapal bisa berukuran sampai 8,5 meter, lebarnya 1,7 meter dan beratnya mencapai 400Kg. Kapal itu akan disimpan untuk satu malam di Klenteng Hok Hok Eng, diberkati, dan kemudian dibawa dalam sebuah prosesi ke tempat di mana kapal ini akan dibakar. Prosesi tongkang juga melibatkan atraksi Tan Ki,  di mana sejumlah orang menunjukkan kemampuan fisiknya yang luar biasa dengan menusuk diri dengan pisau tajam atau tombak namun tetap tidak terluka, agak mirip dengan tradisi Tatung di Singkawang di Kalimantan Barat. Sesampainya di situs tersebut, ribuan potongan kertas permohonan berwarna kuning akan dilekatkan pada kapal yang membawa doa dari orang-orang untuk nenek moyang mereka, sebelum kapal tersebut akhirnya dibakar.

Kota Bagansiapi-api dapat dicapai di darat sekitar 6-7 jam perjalanan atau sekitar 350Km dari Pekanbaru, ibu kota Provinsi Riau. Atau Anda juga bisa sampai di kota Medan di Sumatera Utara sekitar 10-12 jam perjalanan. Ada sejumlah hotel dan penginapan yang dapat memudahkan masa tinggal Anda saat Anda menjelajahi daerah sekitar.

Sebelum pelaksanaan perayaan puncak hari “H” Iven Bakar Tongkang 30 Juni 2018 Pemkab melalui Disparpora Rohil akan melaksanakan beberapa rangkaian acara, yang antara lain Bakar Tongkang Fashion Carnaval pertunjukan pentas seni yang telah dikoordinasikan dan didukung oleh Kementrian Pariwisata.

Minggu, 1 Juli

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00 WIB,  Pertunjukkan Musik dan Tari Bujang Kesatria oleh Sanggar Gurindam 12

Pertunjukan Musik & Tari ini,  mengangkat cerita rakyat Bujang Jambi yang tumbuh di tengah masyarakat Jambi. Ketika Bujang Jambi masih bayi, ia dibuang orang tuanya di sungai. Bayi tersebut diselamatkan dan dibawa ke Istana oleh oleh Raja Siam. Semakin lama rasa sayang muncul dihati Raja Siam, dan ia pun memberi nama Bujang Jambi. Seiringnya waktu, Bujang Jambi menjadi seorang lelaki dewasa yang memiliki ilmu pengetahuan dan bela diri yang tinggi oleh didikan Raja Siam yang baik. Raja Siam pun mengangkat Bujang Jambi menjadi seorang kesatria.

Suatu hari, tanah Jambi dihuru-harakan oleh segerombolan penjahat yang diketuai oleh seorang yang sakti tapi kejam yang bernama Tan Telenai. Kabar buruk tersebut akhirnya sampai ketelinga Bujang Jambi, dengan rasa amarah yang tinggi ia pun mengumpulkan para prajurit untuk membasmi segerombolan penjahat tersebut. Tak disangka, pertemuan Bujang Jambi dan Tan Telenai berujung kepada sebuah cerita yang mengubah hidup mereka.

Saggar Gurindam 12 merupakan,  sebuah sanggar yang mengusung gerak tari tradisi dan modern dengan iringan musik peradaban modern yang memiliki ciri khas dan karakter Nusantara. Dengan rasa kecintaan terhadap musik tradisi, sanggar ini merasa wajib mengkonservasi musik tradisi Indonesia agar tidak tertelan oleh zaman.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home