Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:38 WIB | Selasa, 31 Januari 2023

Ada Apa di Balik Serangan ke Masjid dan Kelompok Taliban Pakistan?

Ada Apa di Balik Serangan ke Masjid dan Kelompok Taliban Pakistan?
Petugas keamanan Pakistan mengawal tersangka militan Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) ke pengadilan anti teroris di Karachi, Pakistan pada Kamis, 5 Januari 2012. Taliban Pakistan, juga dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban Pakistan, atau TTP, mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diri mematikan pada 30 Januari 2023 di sebuah masjid di dalam kompleks polisi di kota barat laut Peshawar, dalam salah satu serangan paling mematikan terhadap pasukan keamanan dalam beberapa bulan terakhir. (Foto: dok. AP/Fareed Khan)
Ada Apa di Balik Serangan ke Masjid dan Kelompok Taliban Pakistan?
Petugas keamanan dan petugas penyelamat berkumpul di lokasi bom bunuh diri, di Peshawar, Pakistan, Senin, 30 Januari 2023. Seorang pembom bunuh diri menyerang Senin di dalam sebuah masjid di kota Peshawar, Pakistan barat laut, menewaskan banyak orang dan melukai puluhan jamaah , kata para pejabat. (Foto: AP/Zubair Khan)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM - Ketika seorang pembom bunuh diri menyerang sebuah masjid di dalam kompleks polisi di kota barat laut Peshawar pada hari Senin (30/1), kecurigaan segera jatuh pada Taliban Pakistan, juga dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban Pakistan, atau TTP.

Dalam sebuah unggahan di Twitter, seorang komandan kelompok tersebut, Sarbakaf Mohmand, mengaku bertanggung jawab atas salah satu serangan paling mematikan terhadap pasukan keamanan dalam beberapa bulan terakhir.

Tetapi lebih dari 10 jam kemudian, juru bicara TTP Mohammad Khurasani menjauhkan kelompok itu dari pengeboman, dengan mengatakan bahwa bukan kebijakannya untuk menyasar masjid atau situs keagamaan lainnya, menambahkan bahwa mereka yang mengambil bagian dalam tindakan semacam itu dapat menghadapi tindakan hukuman di bawah kebijakan TTP. Pernyataannya tidak membahas mengapa seorang komandan TTP mengaku bertanggung jawab atas pengeboman tersebut.

Penyangkalan TTP juga terjadi setelah Kementerian Luar Negeri Afghanistan mengutuk serangan terhadap jamaah yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Hubungan sudah tegang antara Pakistan dan penguasa tetangganya, Taliban Afghanistan, yang melindungi para pemimpin dan pejuang TTP.

Ini yang dilakukan Tehreek-e-Taliban Pakistan, yang telah mengobarkan pemberontakan di negara itu selama 15 tahun:

Mengapa TTP Melancarkan Pemberontakan?

Marah pada kerja sama Pakistan dengan Amerika Serikat dalam perang melawan terorisme, TTP secara resmi didirikan oleh militan Pakistan pada tahun 2007 ketika berbagai kelompok terlarang setuju untuk bekerja sama melawan Pakistan dan mendukung Taliban Afghanistan, yang memerangi pasukan AS dan NATO.

TTP mengupayakan penegakan hukum Islam yang lebih ketat, pembebasan anggotanya dalam tahanan pemerintah, dan pengurangan kehadiran militer Pakistan di beberapa bagian Khyber Pakhtunkhwa, provinsi yang berbatasan dengan Afghanistan yang telah lama digunakan sebagai pangkalan kelompok ini.

TTP telah meningkatkan serangan terhadap tentara dan polisi Pakistan sejak bulan November, ketika secara sepihak mengakhiri gencatan senjata dengan pemerintah setelah kegagalan pembicaraan berbulan-bulan, yang diselenggarakan oleh penguasa Taliban Afghanistan di Kabul.

TTP telah berulang kali memperingatkan polisi untuk tidak mengambil bagian dalam operasi melawan pejuangnya di Peshawar, ibu kota provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Apa Hubungan antara TTP dan Taliban di Afghanistan?

TTP terpisah tetapi merupakan sekutu dekat Taliban Afghanistan, dan pengambilalihan Afghanistan oleh kelompok itu pada Agustus 2021 memperkuat TTP, yang memiliki ideologi yang sama dengan kelompok tersebut.

Pejuang TTP dulu bersembunyi di barat laut suku Pakistan dan juga memiliki tempat perlindungan di Afghanistan, tetapi mereka kebanyakan hidup sebagai buronan.

Namun, Taliban Afghanistan mulai melindungi TTP secara terbuka ketika mereka berkuasa. Taliban Afghanistan juga membebaskan para pemimpin dan pejuang TTP yang telah ditangkap oleh pemerintahan sebelumnya di Kabul.

Taliban telah berulang kali mengatakan mereka tidak akan mengizinkan siapa pun, termasuk TTP, menggunakan tanah Afghanistan untuk menyerang negara mana pun, termasuk Pakistan. Tetapi para pejabat Pakistan mengatakan ada keterputusan antara kata-kata dan tindakan Taliban Afghanistan, yang dapat menghentikan TTP melancarkan serangan di dalam negeri tetapi gagal melakukannya.

Taliban Pakistan telah menyatakan kesetiaan mereka kepada kepala Taliban Afghanistan, kata Abdullah Khan, seorang analis pertahanan senior dan direktur pelaksana Institut Studi Konflik dan Keamanan Pakistan yang berbasis di Islamabad.

Dia menambahkan, bagaimanapun, bahwa mereka memiliki agenda dan strategi mereka sendiri.

Operasi TTP sebagian besar ditujukan untuk menargetkan pasukan Pakistan, mirip dengan agenda Taliban Afghanistan untuk mengusir pasukan asing dari negara itu.

Khan khawatir Pakistan akan mengalami lonjakan kekerasan militan dalam beberapa pekan dan bulan mendatang.

Bagaimana Kekerasan Meningkat Akhir-akhir Ini?

Pakistan telah mengalami serangan militan yang tak terhitung banyaknya dalam dua dekade terakhir, tetapi telah terjadi peningkatan sejak November, ketika TTP mengakhiri gencatan senjata dengan pemerintah yang telah berlangsung selama berbulan-bulan.

Taliban Pakistan secara teratur melakukan penembakan atau pengeboman, terutama di Pakistan barat laut yang wilayahnya terjal dan terpencil, bekas kubu TTP.

Kekerasan tersebut menimbulkan kekhawatiran di kalangan penduduk akan kemungkinan operasi militer di bekas wilayah suku Waziristan Utara dan Selatan, sekarang menjadi dua distrik di Khyber Pakhtunkhwa.

Beberapa jam setelah pemboman masjid hari Senin, Menteri Dalam Negeri, Rana Sanaullah Khan, mengatakan kepada saluran berita independen Geo bahwa penguasa Taliban Afghanistan harus mempertahankan komitmen mereka kepada komunitas internasional untuk tidak mengizinkan siapa pun menggunakan tanah mereka untuk menyerang negara lain.

“Mereka harus menepati janji mereka,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home