Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 08:30 WIB | Sabtu, 19 Februari 2022

ADB Dukung Pembiayaan Program Transisi Energi Indonesia

Presiden Joko Widodo dan Presiden ADB, Masatsugu Asakawa, ketika menerima kunjungan pimpinan Asian Development Bank (ADB) di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat, 18 Februari 2022. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Asian Development Bank (ADB) menyatakan dukungannya terhadap pembiayaan dalam program transisi energi serta pembiayaan-pembiayaan lainnya pada sejumlah proyek yang sedang berjalan.

“Juga pembiayaan-pembiayaan yang sedang berjalan karena ada 14 proyek,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, hari  Jumat (18/2) seusai mendampingi Presiden menerima kunjungan pimpinan ADB di Istana Bogor.

Pimpinan ADB yang berkunjung adalah Masatsugu Asakawa selaku President Asian Development Bank, Arif Baharudin selaku Excutive Director Representing Indonesia, dan Jiro Tominaga selaku Country Director, ADB Indonesia Resident Mission.

Sementara Jokowi didampingi Suharso Monoarfa, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dan Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara. Pembicaraan membahas sejumlah hal seperti penanganan pandemi COVID-19 hingga dukungan ADB terhadap transisi energi di Indonesia.

Presiden menyampaikan perkembangan terkini terkait dengan COVID-19 di Indonesia dan bahwa Indonesia adalah negara keempat sekarang di dunia yang sukses melakukan vaksinasi dan sudah mencapai di atas 330-an juta yang divaksinasi. Padahal kita adalah negara yang tidak memproduksi vaksin,” kata Suharso.

Jokowi juga menjelaskan mengenai kinerja ekonomi Indonesia yang pada kuartal IV pada tahun 2021 sudah berada di atas lima persen. Pihak ADB pun memuji pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2021.

“Meskipun full year pada tahun lalu (pertumbuhan ekonomi) 3,7 persen, tapi itu sudah bagus dan dipuji oleh ADB bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk yang amazing,” kata Suharso.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home